ANALISIS KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHA TERNAK SAPI TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA PETANI PADI SAWAH (Studi Kasus: Nagori Tumorang, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun)

Authors

  • Wahyunita Sitinjak Universitas Simalungun ( USI )
  • Marlan Universitas Simalungun ( USI )
  • Azis Trilinardi Universitas Simalungun ( USI )

DOI:

https://doi.org/10.36985/jak.v3i1.207

Keywords:

Sistem Pemeliharaan Usaha Ternak Sapi, Analisis Finansial, Kontribusi Pendapatan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem pemeliharaan usaha ternak sapi menganalisis besarnya pendapatan usaha ternak sapi dan menganalisis besarnya kontribusi pendapatan usaha ternak sapi terhadap pendapatan keluarga petani padi sawah.Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis proporsi.Responden diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dan menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 30 orang petani peternak. Berdasarkan hasil penelitian di Nagori Tumorang, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun dapat diambil kesimpulan bahwa system pemeliharaan usaha ternak sapi di daerah penelitian masih tergolong sederhana atau tradisional(ekstensif). Rataan pendapatan bersih usaha ternak sapi di daerah penelitian adalah sebesar Rp.13.313.046,63 per peternak pertahun. Kontribusi pendapatan usaha ternak sapi terhadap pendapatan keluarga petani padi sawah di daerah penelitian adalah >50% yakni sebesar 57,04% yang berarti pendapatan usaha ternak sapi tersebut memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pendapatan keluarga petani padi sawah di daerah penelitian.

Downloads

Published

2021-02-19

How to Cite

Wahyunita Sitinjak, Marlan, & Azis Trilinardi. (2021). ANALISIS KONTRIBUSI PENDAPATAN USAHA TERNAK SAPI TERHADAP PENDAPATAN KELUARGA PETANI PADI SAWAH (Studi Kasus: Nagori Tumorang, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun). Jurnal Agrilink : Kajian Agribisnis Dan Rumpun Ilmu Sosiologi Pertanian (Edisi Elektronik), 3(1), 12–22. https://doi.org/10.36985/jak.v3i1.207

Most read articles by the same author(s)