ANALISIS PEMASARAN JAGUNG DI NAGORI KARANG BANGUN KECAMATAN SIANTAR KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Martua Siadari Fakultas Pertanian Universitas Simalungun
  • Egon Eykel Nadapdap Fakultas Pertanian Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jak.v4i1.367

Keywords:

Pemasaran Jagung

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Saluran pemasaran di daerah penelitian terdiri dari dua saluran pemasaran yaitu pemasaran yang pertama dari petani ke pedagang pengumpulan, dan pedagang pengumpul ke pabrik. Saluran pemasaran kedua dari petani ke pedagang agen kecil lalu dari agen kecil ke pedagang pengumpul ( Agen Besar) lalu dari pedagang pengumpul ke pabrik. (2) Biaya pemasaran terdiri dari biaya transportasi, tenaga kerja, tali, dan biaya pengeringan untuk pedagang pengumpul (agen Besar). (3) Share margin yang di peroleh pada saluran I sebesar 79,49% dengan dengan biaya pemasaran sebesar Rp.4362/Kg. Share margin yang di peroleh pada saluran II sebesar 89,16% dengan biaya pemasaran sebesar  Rp. 3882,5/Kg. (4) Efisiensi pemasaran pada saluran I sebesar   4,397% < 33%, Efisien pemasaran pada saluran II sebesar 7,372% < 33%.

 Determination of the sample using the Census method (which is a sampling method in which all are used as samples in the study). The population in this study was 22 corn farmers, so the sample in this study was 22 people.The results showed that (1) the marketing channel in the research area consisted of two marketing channels, namely the first marketing from farmers to collecting traders, and collecting traders to factories. The second marketing channel is from farmers to small traders and then from small agents to collectors (Big Agents) and then from collectors to factories. (2) Marketing costs consist of transportation costs, labor, ropes, and drying costs for collecting traders (Big agents). (3) The share margin obtained in channel I is 79.49% with a marketing cost of Rp.4362/Kg. The share margin obtained in channel II is 89.16% with a marketing cost of Rp. 3882.5/Kg. (4) Marketing efficiency in channel I is 4,397% < 33%, marketing efficiency in channel II is 7,372% < 33%.

 

Published

2022-02-01

How to Cite

Siadari, M., & Nadapdap, E. E. (2022). ANALISIS PEMASARAN JAGUNG DI NAGORI KARANG BANGUN KECAMATAN SIANTAR KABUPATEN SIMALUNGUN. Jurnal Agrilink : Kajian Agribisnis Dan Rumpun Ilmu Sosiologi Pertanian (Edisi Elektronik), 4(1), 27–35. https://doi.org/10.36985/jak.v4i1.367