PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS NEGOSIASI KELAS X SMA YAYASAN PERGURUAN KELUARGA

Authors

  • Reza Fadila Universitas Simalungun
  • Resmi Universitas Simalungun
  • Berlian Romanus Turnip Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/artikulasi.v6i1.1198

Keywords:

Problem Based Learning (PBL), Pair Check, Teks Negosiasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Tipe Pair Check Terhadap Hasil Beljara Menulis Teks negosiasi Kelas X SMA Yayasan perguruan Keluarga. Metode penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data test essay. Teknik analisis data menggunakan Program SPSS versi 25 for windows, hasil uji homogenitas 0,329 > 0,05 artinya data penelitian homogen atau sama. Hasil uji Paired Sample t-test sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 terdapat nilai rata-rata pre-test dan post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok eksperimen pre-test 66,93 dan post-test 82,80. Nilai rata-rata kelompok kontrol pre-test 49,86 dan post-test 76,89. Disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar menulis teks negosiasi. Jadi Ha diterima kebenarannya dan Ho ditolak kebenarannya.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Reza Fadila, Resmi, & Turnip, B. R. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TIPE PAIR CHECK TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS TEKS NEGOSIASI KELAS X SMA YAYASAN PERGURUAN KELUARGA. Artikulasi : Jurnal Pendidikan, 6(1), 25–41. https://doi.org/10.36985/artikulasi.v6i1.1198

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>