PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS TEKS ANEKDOT DI KELAS X SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i2.911Keywords:
Penerapan Model Problem Based Learning, Menganalisis Teks AnekdotAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Menganalisis Teks Anekdot di Kelas X SMK Negeri 1 Pematang Siantar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berupa uraian yang meliputi pre-test (Tes Awal) dan post-test (Tes Akhir). Model Problem Based Learning (X) dan Kemampuan Menganalisis Teks Anekdot (Y). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Paired sample t-test dengan bantuan program SPSS 2.1 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar menganalisis teks anekdot dengan menggunakan metode ceramah memiliki nilai rata rata post-test sebesar 71,83 berada pada kategori cukup. Sedangkan hasil belajar menganalisis teks anekdot dengan menggunakan model problem based learning memiliki nilai rata rata post-test sebesar 87,20 berada pada kategori baik. Pada pengujian paired sample-t test diperoleh nilai t hitung = 28.944 dan nilai sig. (2 tailed) 0,000. Nilai distribusi t tabel dapat dilihat berdasarkan df = 29 dengan taraf signifikan = 0,05 adalah 2,045. Karena nilai t hitung > t tabel (28,944 > 2,045) dan sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model problem based learning terhadap kemampuan menganalisis teks anekdot.
![](https://jurnal.usi.ac.id/public/journals/9/submission_911_911_coverImage_en_US.jpg)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Bunga Sitorus, Tutiariani Nasution, Berlian Romanus Turnip
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.