Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 19 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.36985/51ket349Keywords:
Model Make A Match, Kemampuan Menulis, Teks EksplanasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran make a match terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 19 pematangsiantar Tahun Pelajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimen. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre – Test dan Post – Test dalam dua kelompok yang dibagi menjadi : kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah soal sebanyak 1 butir soal. Sample dengan jumlah 62 Siswa 95 Siswa, yang di pilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 26 Version 30 for Windows. Langkah pertama uji yang di lakukan adalah uji normalitas dengan menggunakan metode kolmogorov-smirnov, yang menunjukkan bahwa data berkontribusi normal. Dengan model pembelajaran make a match materi pembelajaran yang disampaikan lebih mudah tersampaikan. siswa hanya mendengar apa yang diterangkan oleh guru kemudian mencatat materi dan kebanyakan membuat siswa jenuh dalam pelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat model pembelajaran make a match terhadap siswa kelas VIII Smp muhammadiyah 19 Pematangsiantar
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Icha Azura, Netti Marini, Rohdearni Wati Sipayung (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.