KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TAPIAN DOLOK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL)

Authors

  • Ade Nadhilla Universitas Simalungun
  • Berlian Romanus Turnip Universitas Simalungun
  • Netti Marini Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i1.722

Keywords:

Model Pembelajaran, Project Based Learning, Menulis, Puisi

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya antusias serta motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tapian Dolok dengan Model Pembelajaran Project Based Learning. Kajian pada penelitian ini mengadopsi teori Tarigan (2021), Kosasih (2018), Hardini (2020). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes essay yaitu menulis puisi dengan tema alam. Adapun tes yang diberikan berupa Pre-test dan Post-test. Hasil pembahasan analisis data diperoleh nilai rata-rata dari kelas kontrol sebesar 77,80 dan kelas eksperimen sebesar 85,50. Hasil uji homogenitas diperoleh 0,437 > 0,05. Dari hasil uji-t diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel maka Ha diterima dan Ho ditolak kebenarannya. Maka ditarik kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa ada pengaruh kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tapian Dolok dengan model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL).

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Nadhilla, A., Turnip, B. R., & Marini, N. (2023). KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TAPIAN DOLOK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL). Artikulasi : Jurnal Pendidikan, 5(1), 13–26. https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i1.722

Most read articles by the same author(s)