PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Dwi Universitas Simalungun
  • Netti Marini Universitas Simalungun
  • Berlian Romanus Turnip Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i1.723

Keywords:

Media Gambar, Kemampuan Menulis, Teks Eksplanasi

Abstract

Pendidikan ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan media gambar terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Pematang Siantar. Penelitian menggunakan metode korelasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uraian dan dibagi menjadi dua yaitu Pre-test dan Post-test. Teknik pengolahan data pada penelitian ini adalah korelasional. Hasil penelitian inidiperoleh dari hasil data Pre-test dan Post-test. Hasil data Pre-test yang dipeproleh dengan jumlah 4120 dengan nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 80, rata-rata yang diperoleh 65,39. Hasil data Post-test yang diperoleh dengan jumlah 74,12. Hasil nilai dengan menggunakan rumus korelasional adalag 0,86. Hasil data akhir pengujian hipotesis uji-t diperoleh 13,15 = pada taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = n-2 atau 63 – 2 = 61 diperoleh = 2,000 jadi lebih besar dari ( 13,15 > =2,000) maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Dwi, Marini, N., & Turnip, B. R. (2023). PENGARUH MEDIA GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PEMATANG SIANTAR. Artikulasi : Jurnal Pendidikan, 5(1), 27–45. https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i1.723

Most read articles by the same author(s)