PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NATURE LEARNING KELAS X DI SMA SWASTA YAYASAN PERGURUAN KELUARGA PEMATANG SIANTAR

Authors

  • Annisa Juspi Amini Nasution PAUD Sahabat Ceria
  • Netti Marini Universitas Simalungun
  • Resmi Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i2.914

Keywords:

Model Nature Learning, Pembelajaran Menulis, Puisi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan model nature learning kelas x di SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga Pematang Siantar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes berupa uraian yang meliputi pre-test (Tes Awal) dan post-test (Tes Akhir). Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan menulis puisi. Uji hipotesis uji –t diperoleh thitung = 7,61 pada taraf signifikan α = 0,005 dan derajat kebebasan (dk) = N – 2 atau 58 – 2 = 56, maka ttabel  2,003. Jadi ada pengaruh yang signifikan dari penelitian tentang Pembelajaran Menulis Puisi Dengan Menggunakan Model Nature Learning Kelas X Di SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga Pematang Siantar.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Nasution, A. J. A., Netti Marini, & Resmi. (2023). PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL NATURE LEARNING KELAS X DI SMA SWASTA YAYASAN PERGURUAN KELUARGA PEMATANG SIANTAR. Artikulasi : Jurnal Pendidikan, 5(2), 47–59. https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i2.914

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>