Peninjauan Terhadap Penggunaan E-Commerce Dalam Memanfaatkan Algoritma Artificial Intelegence

Authors

  • Ulfa Hardiana University of Singaperbangsa Karawang image/svg+xml Author
  • Rhesma Fatika Sari University of Singaperbangsa Karawang image/svg+xml Author
  • Dhesyana Rahmadani Putri University of Singaperbangsa Karawang image/svg+xml Author
  • Siti Aisah University of Singaperbangsa Karawang image/svg+xml Author
  • Widya Fuji Resfianty University of Singaperbangsa Karawang image/svg+xml Author
  • Muhammad Rega Gumelar University of Singaperbangsa Karawang image/svg+xml Author
  • Bahar Amal University of Singaperbangsa Karawang image/svg+xml Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/pcvqzr33

Keywords:

Kecerdasan, E-Commerce, Artificial Intelegence, Algoritma AI, Manfaat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai dampak dari penerapan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan kualitas layanan di platform e-commerce Indonesia, khususnya Shopee, Lazada, Tokopedia, TikTok Shop, dan Bukalapak. Penelitian ini menggunakan kuesioner online yang didistribusikan kepada 55 responden berusia 18 hingga 23 tahun, untuk mengukur persepsi pengguna terhadap kenyamanan, kepercayaan, dan keamanan saat berbelanja online, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Temuan menunjukkan bahwa mayoritas pengguna merasa terbantu dengan adanya fitur-fitur seperti pembayaran digital, komunikasi yang cepat, dan saran produk yang didukung oleh AI. Tiga faktor paling penting yang memengaruhi keputusan pembelian adalah harga, kualitas produk, dan ulasan pengguna. Meskipun ada beberapa tantangan, seperti ketidakakuratan dalam deskripsi produk, e-commerce tetap populer karena fleksibilitas dan kemudahannya. Temuan ini menekankan pentingnya meningkatkan keamanan dan kualitas layanan pada platform e-commerce, terutama melalui pengembangan teknologi AI yang lebih canggih. Studi ini meningkatkan AI untuk menciptakan pengalaman pembelian yang memuaskan bagi konsumen Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Hardiana, U., Sari, R. F., Putri, D. R., Aisah, S., Resfianty, W. F., Gumelar, M. R., & Amal, B. (2025). Peninjauan Terhadap Penggunaan E-Commerce Dalam Memanfaatkan Algoritma Artificial Intelegence. Jurnal Ekuilnomi, 7(1), 148-157. https://doi.org/10.36985/pcvqzr33