Pengaruh Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone iPhone di Surakarta

Penulis

  • Muhammad Bahtiar Andika Putra Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Penulis
  • Wuryaningsih Dwi Lestari Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Surakarta Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/wew6s967

Kata Kunci:

Keputusan Pembelian, Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, Asosiasi Merek

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek loyalitas merek dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian pada produk Smartphone Iphone di Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner berbentuk google form dengan skala Likert 5 poin. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone iphone, sedangkan sampel diambil melalui metode menggunakan non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat umum di kota Surakarta yang membeli smartphone iphone sebanyak 100 responden. Uji instrument data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Lalu untuk uji asumsi menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel loyalitas merek dan asosiasi merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel kesadaran merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2023-05-30

Cara Mengutip

Bahtiar Andika Putra, M., & Dwi Lestari, W. (2023). Pengaruh Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone iPhone di Surakarta. Jurnal Ekuilnomi, 5(1), 165 – 172. https://doi.org/10.36985/wew6s967