Pengaruh Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, dan Asosiasi Merek Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Smartphone iPhone di Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.36985/wew6s967Kata Kunci:
Keputusan Pembelian, Kesadaran Merek, Loyalitas Merek, Asosiasi MerekAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek loyalitas merek dan asosiasi merek terhadap keputusan pembelian pada produk Smartphone Iphone di Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner berbentuk google form dengan skala Likert 5 poin. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna smartphone iphone, sedangkan sampel diambil melalui metode menggunakan non probability sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat umum di kota Surakarta yang membeli smartphone iphone sebanyak 100 responden. Uji instrument data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Lalu untuk uji asumsi menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel loyalitas merek dan asosiasi merek berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan variabel kesadaran merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Muhammad Bahtiar Andika Putra, Wuryaningsih Dwi Lestari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.






