ANALISIS TINGKAT KONSUMSI DAN PREFERENSI KONSUMEN TERONG UNGU (Solanum malongena L.)  SEGAR DI KOTA MEDAN

Authors

  • Sukri Mulia Universitas Deli Sumatera, Medan Author
  • Yusra Yurizki Universitas Deli Sumatera, Medan Author
  • Supriadi Surbakti Universitas Deli Sumatera, Medan Author

Keywords:

Terong Ungu, Preferensi, Kota Medan

Abstract

Produksi Terong Ungu sumatera utara tahun 2021 sebesar 51.320 ton berdasarkan data dari badan pusat  statistik, sumatera utara sebagai salah satu provinsi  penghasil terong ungu terbesar,dimana pusat kotanya berada di medan maka konsumsi terbesar terong ungu ada di masyarakat kota medan, Hal ini menjadi masalah dan ancaman bagi pemenuhan konsums terong ungu khususnya di Kota Medan. tingkat konsumsi terong ungu segar merupakan volume terong ungu yang di konsumsi oleh konsumen dalam satuan per waktu. Sehingga perlu dilihat tingkat konsumsi dan preferensi konsumen terhadap terong ungu segar baik dari sisi harga, ukuran , kelembaban , aroma yang menjadi pilihan akhir konsumen untuk memutuskan mengkonsumsi terong ungu segar sesuai kebutuhannya. Konsumsi terong ungu segar di kota medan sebesar 22,42 gram/kap/hari;. Preferensi Konsumen untuk membeli dan mengkonsumsi terong ungu segar yaitu memiliki komposisi kombinasi yang bernilai baik menunjukkan pada level atribut yang paling penting yaitu atribut harga(0.423);, ukuran (0.243), aroma (0.214), kelembaban (0.164) serta warna (0.104). Artinya konsumen lebih mengutamakan atribut harga terong ungu dibandingkan atribut lainnya. Model Kombinasi yang disukai konsumen terong ungu segar secara umum adalah kombinasi nomor 8 ;yaitu terong ungu segar dengan komposisi kombinasi level atribut ukuran kecil, beraroma tidak tajam, harga berkisar Rp 7000-10.000/kg dan tingkat kelembaban/kekeringannya kategori lembab serta memiliki warna ungu gelap.

North Sumatra's purple eggplant production in 2021 is 51,320 tons based on data from the Central Statistics Agency, North Sumatra is one of the largest purple eggplant producing provinces, where the city center is in Medan, so the largest consumption of purple eggplant is in the people of Medan city. This is a problem and threat to the fulfillment of purple eggplant consumption, especially in the city of Medan. The consumption level of fresh purple eggplant is the volume of purple eggplant consumed by consumers in units per time. So it is necessary to look at the level of consumption and consumer preferences for fresh purple eggplant in terms of price, size, moisture, aroma which is the consumer's final choice to decide to consume fresh purple eggplant according to their needs. Consumption of fresh purple eggplant in Medan city is 22.42 grams/cap/day; Consumer preferences for buying and consuming fresh purple eggplant, which has a combination composition that has good value, shows the most important attribute levels, namely the attributes price (0.423), size (0.243), aroma (0.214), moisture (0.164) and color (0.104). This means that consumers prioritize the price attribute of purple eggplant compared to other attributes. The combination model preferred by consumers of fresh purple eggplant in general is combination number 8; namely fresh purple eggplant with a composition of a combination of attribute levels, small size, not sharp aroma, price ranges from IDR 7000-10,000/kg and the moisture/dryness level is in the moist category and has a dark purple color.

Downloads

Published

2025-02-03