ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI PRODUK PERTANIAN ORGANIK

Authors

  • nurhadida nasution Dosen Program Studi Agribisnis, Universitas Deli Sumatera, Sumatera Utara, Medan Author
  • Supriadi Surbakti Dosen Program Studi Agribisnis, Universitas Deli Sumatera, Sumatera Utara, Medan Author
  • Octasella Ainani As’ad Dosen Program Studi Agribisnis, Universitas Deli Sumatera, Sumatera Utara, Medan Author
  • Muhammad Ilham Dosen Program Studi Manajemen, Universitas Deli Sumatera, Sumatera Utara, Medan Author

Keywords:

Faktor Psikologis, Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Konsumen, Produk Organik

Abstract

Salah satu gaya hidup sehat dan trendy yang berkembang di masyarakat saat ini adalah back to nature dengan mengonsumsi produk organik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap suatu produk. Faktor-faktor tersebut adalah marketing mix yang terdiri dari produk, harga, prom osi dan lokasi serta faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, persepsi, pembelajaran, dan cara pembelian dimana kedua faktor tersebut merupakan unsur eksternal dan internal. Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor pemasaran dan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian produk organik Penelitian ini dilakukan di Sunrose Organik Shop sebagai tempat penelitian dasar yang terletak di Jl.H JI. KH. Zainul Arifin, Medan Petisah untuk menjaring responden yang disurvei. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 200 responden yang pernah melakukan pembelian minimal 5 kali. Teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi dan wawancara. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ditinjau dari aspek internal faktor psikologis yang terdiri dari motivasi, pembelajaran, dan sikap berpengaruh positif dan sangat signifikan terhadap keputusan pembelian produk organik Sunrose Organik Shop, namun persepsi, promosi dan lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk organik Sunrose Organik Shop. Mengingat promosi berpengaruh positif maka disarankan kepada Sunrose Organik Shop agar lebih giat melakukan promosi melalui media cetak, media elektronik, dan media lainnya untuk menciptakan brand image kepada pelanggan dan calon pelanggan, sehingga harga tidak menjadi hal yang sensitif. Begitu pula dengan lokasi, mengingat lokasi berpengaruh positif maka disarankan kepada Sunrose Organik Shop agar lebih memperhatikan keberadaan lokasi.

One of the healthy and trendy lifestyles that is developing in society today is back to nature by consuming organic products. There are several factors that influence consumer purchasing decisions for a product. These factors are the marketing mix consisting of product, price, promotion and location and psychological factors consisting of motivation, perception, learning, and purchasing methods where both factors are external and internal elements.Based on the description above, this study aims to analyze the influence of marketing factors and psychological factors on purchasing decisions for organic products. This study was conducted at Sunrose Organik Shop as a basic research location located on Jl.H JI. KH. Zainul Arifin, Medan Petisah to collect respondents who were surveyed. The sampling method used was purposive sampling. The number of samples taken was 200 respondents who had made purchases at least 5 times. Data collection techniques were by documentation and interviews. From the results of this study, it can be concluded that in terms of internal aspects, psychological factors consisting of motivation, learning, and attitudes have a positive and very significant effect on the decision to purchase organic products from Sunrose Organik Shop, but perception, promotion and location do not have a significant effect on the decision to purchase organic products from Sunrose Organik Shop.Considering that promotion has a positive effect, it is suggested that Sunrose Organik Shop be more active in promoting through print media, electronic media, and other media to create a brand image for customers and potential customers, so that price does not become a sensitive matter. Likewise with location, considering that location has a positive effect, it is suggested that Sunrose Organik Shop pay more attention to the existence of the location.

Downloads

Published

2025-08-01