PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS X SMA YAYASAN PERGURUAN KELUARGA PEMATANGSIANTAR

APPLICATION OF THE SCRABLE LEARNING MODEL TO INCREASING STUDENTS' BIOLOGY LEARNING OUTCOMES IN CLASS X SMA PEMATANGIANTAR FAMILY EDUCATION FOUNDATION

Authors

  • Salome Rajagukguk Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.30

Keywords:

Penerapan, Model Scramble, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk mendeskripsikan penerapan model scarmbel terhadap peningkatan hasil belajar biologi SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA - 1 SMA Swasta Yayasan Perguruan Keluarga yang berjumlah 30 orang. Penelitian dilakukan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan model kolaborasi yang mengutamakan kerjasama antara guru, dan peneliti. Instrumen dalam penelitian ini meliputi tes hasil belajar siswa sebanyak 20 soal. Sebelum dijadikan alat pengumpul data instrumen yang telah disusun terlebih dahulu diujicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukarannya. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil peningkatan berpikir kritis siswa yakni pada siklus I sebesar 60,00 lalu meningkat pada siklus II dengan nilai rata - rata sebesar 80,00. Dari hasil penelitian diatas maka dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran scamble dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMA YPK Pematangsiantar

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Rajagukguk, S. (2021). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI KELAS X SMA YAYASAN PERGURUAN KELUARGA PEMATANGSIANTAR: APPLICATION OF THE SCRABLE LEARNING MODEL TO INCREASING STUDENTS’ BIOLOGY LEARNING OUTCOMES IN CLASS X SMA PEMATANGIANTAR FAMILY EDUCATION FOUNDATION. MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik), 3(1), 35–39. https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.30

Issue

Section

Articles