ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI SISTEM REGULASI MANUSIA DI KELAS XI SMA SWASTA KARTIKA 1-4 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2020/2021

ANALYSIS OF STUDENTS' LEARNING DIFFICULTIES IN UNDERSTANDING THE MATERIALS HUMAN REGULATION SYSTEM IN CLASS XI SMA PRIVATE KARTIKA 1-4 ADMINISTRATION FOR THE 2020/2021 ACADEMIC YEAR

Authors

  • Sumarny Tridelpina Purba Universitas Simalungun
  • Salome Rajagukguk Universitas Simalungun
  • Maya Dwi Yana Universitas Simalungun

Keywords:

kesulitan belajar siswa, materi sistem regulasi manusia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa dalam memahami materi sistem regulasi manusia di kelas XI SMA Swasta Kartika 1-4 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 150 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling yaitu diambil sebanyak 20% dengan perolehan 10 siswa dari tiap kelas dengan jumlah 30 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Kesulitan belajar siswa dianalisis dengan cara memberikan instrumen berupa tes pilihan ganda, dan angket tertutup bentuk pilihan ganda berskala Likert. Hasil analisis data tes menunjukkan rata-rata persentase kesulitan belajar siswa sebesar 75,65% dan dikategorikan lemah yang berarti siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi sistem regulasi manusia. Hasil angket menunjukkan faktor internal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa meliputi aspek minat dan motivasi sebesar 67,08% diinterpretasikan lemah, aspek kesiapan dan perhatian sebesar 63,33% diinterpretasikan lemah. Sedangkan dari faktor eksternal yaitu aspek lingkungan keluarga sebesar 75% diinterpretasikan lemah, aspek lingkungan sekolah sebesar 71,94% diinterpretasikan lemah, aspek lingkungan masyarakat sebesar 65,83% diinterpretasikan lemah, maka disimpulakan bahwa aspek dengan interpretasi lemah tidak berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa, dan dari aspek alokasi waktu sebesar 39,33% diinterpretasikan kuat maka disimpulkan bahwa aspek tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap kesulitan belajar siswa. Dan diperoleh rata-rata hasil pesresntase dari faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar sebesar 63,75%

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Purba, S. T., Rajagukguk, S., & Yana, M. D. (2021). ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI SISTEM REGULASI MANUSIA DI KELAS XI SMA SWASTA KARTIKA 1-4 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2020/2021: ANALYSIS OF STUDENTS’ LEARNING DIFFICULTIES IN UNDERSTANDING THE MATERIALS HUMAN REGULATION SYSTEM IN CLASS XI SMA PRIVATE KARTIKA 1-4 ADMINISTRATION FOR THE 2020/2021 ACADEMIC YEAR. MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik), 3(2), 24–33. Retrieved from https://jurnal.usi.ac.id/index.php/metabio/article/view/40

Most read articles by the same author(s)