PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PRAKTIKUM PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN MAKANAN MANUSIA DI KELAS VIII SMP PARULIAN MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
DOI:
https://doi.org/10.36985/jmo.v1i1.317Keywords:
Metode Praktikum, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode praktikum pada materi pokok sistem pencernaan makanan manusia di kelas VIII SMP Parulian Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian dilakukan pada bulan Mei sampai Juni 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Parulian Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 130 orang. Sampel diambil secara acak (Cluster Random Sampling) dan diperoleh 2 kelas yaitu VIII-1 (kelas eksperimen), dan kelas VIII-2 (kelas kontrol) yang masing-masing terdiri dari 36 siswa yang berjumlah 72 orang. Analisis data dilakukan dengan cara mencari rata-rata( X ), standart deviasi (S), dan hipotesis dibuktikan dengan menggunakan uji t pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh rata - rata post - test kelas kontrol dan kelas eksperimen 5,42 dan 6,45. Hasil ini menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 4,02. Standart deviasi (S) post - test untuk kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah 2,18 dan 2,08. Dari hasil pengujian hipotesa diperoleh thitung (3,00) > ttabel (2,00), maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode praktikum pada materi pokok sistem pencernaan makanan manusia di kelas VIII SMP Parulian Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikansi antara hasil belajar siswa menggunakan metode praktikum pada materi pokok sistem pencernaan makanan manusia di kelas VIII SMP Parulian Medan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Jurnal Metabio
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.