PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP SATRYA BUDI TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018

Authors

  • Dian Perayanti Sinaga Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jmo.v1i2.322

Keywords:

Hasil Belajar, GroupInvestigation, Ekosistem

Abstract

Penelitian ini tentang pengaruh penggunaan model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem . Dilaksanakan di Kelas VII SMP Satrya Budi Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengunaan metode pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dalam mempelajari ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran group investigation. Populasi dan sampel penelitian sebanyak 40 orang, dibagi menjadi dua kelas eksperimen 20 orang dan satu kelas kontrol 20 orang. Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata skor, Standar Deviasi dan hipotesis diuji dengan statistik t atau uji t pada taraf signifikansi α = 0.05. Nilai rata - rata pre - test dan post - test kelompok eksperimen adalah 3.70 dan 8.05 dan selisih hasil belajar sebesar 4.35. Nilai rata -rata pre - test dan post-test kelompok kontrol adalah 2.95 dan 4.20 dengan selisih hasil belajar 1.25. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan ditemukan bahwa, thitung (6.376) > ttabel (2.02). Dengan demikian, Hipotesis alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis nihil (Ho) ditolak. Berdasarkan hasil analisis data tersebut disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar siswa dalam mempelajari ekosistem pada siswa Kelas VII SMP Satrya Budi Tahun Pelajaran 2017/ 2018 .

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

Sinaga, D. P. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SMP SATRYA BUDI TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018. MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik), 1(2), 9–14. https://doi.org/10.36985/jmo.v1i2.322

Most read articles by the same author(s)