PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP YAYASAN PERGURUAN KELUARGA PEMATANGSIANTAR 2021/2022

Authors

  • Sumarny Tridelpina Purba
  • Dian Perayanti Sinaga Universitas Simalungun
  • Melani Nurazizah Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jmo.v4i2.558

Keywords:

Project Based Learning, Memecahkan Masalah, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2021/2022, terdiri dari 4 kelas sebanyak 118 siswa, diambil sampel secara Cluster Random Sampling, diperoleh kelas VIII-3 (30 siswa) sebagai kelas kontrol dan VIII-1 sebagai kelas eksperimen (30 siswa). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Data yang dianalisis untuk mencari mean, median, modus, standard deviasi, uji linearitas, normalitas, homogenitas, regresi, uji t dan uji f. Dari analisis data menggunakan uji ANOVA dengan taraf signifikan 5% ( = 0,05) dengan bantuan program SPSS 21. Dari hasil pengujian hipotesis terdapat pengaruh pembelajaran Project Based Learning terhadap kemampuan memecahkan masalah, diperoleh bahwa nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (8,184 > 4,004) dan nilai signifikan lebih kecil dari 0.05 (0,000 < 0,05). Hasil pengujian hipotesis terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (19,208 > 4,004) dan nilai signifikan lebih kecil dari 0.05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis siswa pada materi sistem eksresi manusia di kelas VIII SMP Swasta Yayasan Perguruan Keluarga Pematangsiantar 2021/2022.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Purba, S. T., Sinaga, D. P., & Nurazizah, M. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP YAYASAN PERGURUAN KELUARGA PEMATANGSIANTAR 2021/2022. MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik), 4(2), 45–59. https://doi.org/10.36985/jmo.v4i2.558

Most read articles by the same author(s)