PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA TAHUN AJARAN 2021/2022

Authors

  • Dian Perayanti Sinaga Universitas Simalungun
  • Sumarny Tridelpina Purba Universitas Simalungun
  • Dinda Apsari Rahayu Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jmo.v4i2.555

Keywords:

Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Pengaruh Model Problem Based Learning Dengan Strategi Metakognitif Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 120 siswa terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Cluster Random Sampling yaitu kelas VIII-A
menggunakan Problem Based Learning dengan Strategi Metakognitif dan VIII-B menggunakan metode ceramah jumlah masing masing kelas 30 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t seperti diperoleh thitung 6,836 > ttabel (1,701) pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. < 0.05 dan nilai thitung > ttabel, yang artinya ????0 ditolak dan ???????? diterima dengan demikian maka terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai pada kelas eksperimen dengan nilai pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F seperti diperoleh nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel ( 9,709 > 4,004) dan nilai sig. lebih kecil dari 0.05 (0,003 < 0,05). Dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak artinya Ada pengaruh yang signifikan jika dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan strategi metakognitif terhadap berpikir kritis. Disimpulkan hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menggunakan model problem based learning mempunyai pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Swasta Prama Artha tahun ajaran 2021/2022.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Sinaga, D. P., Purba, S. T., & Rahayu, D. A. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA TAHUN AJARAN 2021/2022. MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik), 4(2), 14–25. https://doi.org/10.36985/jmo.v4i2.555

Most read articles by the same author(s)