Perbandingan Model Pembelajaran Talking Stick Dan Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Dikelas VIII SMP Kartika I - 4
Comparison of Talking Stick And Numbered Head Together Learning Models Towards Science Learning Outcomes of Students in Class VIII SMP Kartika I-4
DOI:
https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.35Keywords:
Model Pembelajaran, Talking Stick, Numbered Head Together, Hasil Belajar IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Talking Stick dan NHT dikelas VIII SMP Kartika I - 4 Pematangsiantar pada materi Sistem Pencernaan Manusia Tahun Pelajaran 2020/2021. penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen) yang diberi perlakuan yang berbeda pada masing - masing kelas. Diambil sampel dengan teknik pengambilan cluster random sampling di peroleh kelas VIII - 1 dijadikan sebagai kelas eksperimen I dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick yang berjumlah 23 siswa, sedangkan kelas VIII - 3 dijadikan sebagai kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran NHT yang berjumlah 23 siswa, analisis data penelitian, mencari nilai rata-rata, standart deviasi, uji homogenitas, uji normalitas dan Uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata - rata pada kelas exsperimen I sebesar 85 sedangkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen II sebesar 80. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t di peroleh thitung(3,63) > ttable (2,00), dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterimah dan (Ho) ditolak, artinya ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa dengan menggunakan Talking Stick dan NHT pada materi Sistem Pencernaan Manusia kelas VIII SMP Kartika I - 4 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2020/2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Fenny Mustika Piliang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.