PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SEKOLAH SMP SWASTA MUHAMMADIYAH-21 DOLOK BATU NANGGAR

Authors

  • Kesi Pratiwi K.R Universitas Simalungun
  • Fenny Mustika Piliang Universitas Simalungun
  • Risjunardi Damanik Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jmo.v5i2.877

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Animasi, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pemanasan global di sekolah SMP Swasta Muhammadiyah-21 Dolok Batu Nanggar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen murni (true experimental) yang dimana pengujian variabel bebas dan terikat dilakukan terhadap sempel kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Desain penelitian ini menggunakan Pre-test Post-test Control Grup Desain. Jumlah populasi keseluruhan siswa kelas VII yaitu 124 siswa, kemudian pengambilan  sampel dengan cara  claster random sampling berjumlah 62 siswa. Dibagi menjadi dua kelas yaitu satu kelas kontrol (VII-C) 31 siswa dan satu kelas eksperimen    (VII-D) 31 siswa. Teknik analisis data yang di hitung adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji regresi linier sederhana, nilai rata-rata, standart deviasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian nilai untuk uji normalitas pada kelas kontrol yaitu 0,351 dan kelas eksperimen yaitu 0,708. Uji homogenitas signifikansi nilai data adalah 0,0357. Uji regresi linier sederhana pada kelas kontrol nilai konstanta sebesar 43,066 sedangkan koefisien korelasi 0,118, dan kelas eksperimen nilai konstanta sebesar 39,939 sedangkan koefisien korelasi 0,082. Nilai rata-rata PostTest kelas kontrol yaitu 67,10 dan kelas eksperimen 93,06. Nilai standart deviasi kelas kontrol 7,613 dan kelas eksperimen 5,428. Dan uji hipotesis penelitian ini apabila thitung > ttabel pada taraf signifikansi α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 30 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung 16,263 > ttabel  1,69726 berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh ada perbedaan dan peningkatakan hasil belajar siswa yang signifikan dengan menggunakan media pembelajaran video animasi pada materi pemanasan global di kelas VII di sekolah SMP Swasta Muhammadiyah-21 Dolok Batu Nanggar.

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Kesi Pratiwi K.R, Piliang, F. M., & Damanik, R. (2023). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL DI SEKOLAH SMP SWASTA MUHAMMADIYAH-21 DOLOK BATU NANGGAR . MetaBio : Jurnal Pendidikan (Edisi Elektronik), 5(2), 63–72. https://doi.org/10.36985/jmo.v5i2.877

Most read articles by the same author(s)