PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN 3R (READ, RECITE, REVIEW) PADA MATERI EKOSISTEM DI KELAS VII SMP AL - WASHLIYAH PEMATANGSIANTAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.36985/jmo.v1i1.312Keywords:
Hasil belajar, metode pembelajaran 3R, ekosistemAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran 3R pada materi ekosistem. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Al - Washliyah Pematagsiantar Tahun Pelajaran 2017/2018 mulai bulan Mei – Juni 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Al-Washliyah Pematagsiantar Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas, dengan jumlah siswa keseluruhan 50 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara memasukkan seluruh populasi kedalam sampel, karena populasi penelitian ini hanya 50 siswa, kurang dari 100, maka penelitian ini disebut sebagai penelitian populasi, yang berari populasi sekaligus sampel yaitu kelas VII-1 (eksperimen) dan kelas VII-2 (kontrol) yang masing-masing berjumlah 25 orang. Analisis data dilakukan dengan menghitung skor rata - rata (mean), standar deviasi dan hipotesis dibuktikan dengan menggunakan uji - t pada taraf sigini fikansi = 0,05. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata - rata pre - test dan post - test kelas eksperimen adalah 6,22 dan 7,24, nilai rata - rata pre – test dan post - test kelas kontrol adalah 5,00 dan 8,54 dan nilai rata - rata post - test kelas eksperimen dan kel as kontrol adalah 8,04 dan 7,28 menunjukkan perbedaan hasil belajar sebesar 0,76 setelah menggunakan metode 3R pada materi ekosistem di kelas VII SMP Al-Washliyah Pematagsiantar Tahun Pelajaran 2017/2018. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung (3,42) > ttabel (2,00), dengan demikian Ho ditolak artinya ada perbedaan yang signifikan dari hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran 3R pada materi ekosistem di kelas VII SMP Al – Washliyah Pematagsiantar Tahun Pelajaran 2017/2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Fenny Mustika Piliang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.