Pengaruh Penggunaan Metode Gallery Walk Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sistem Peredaran Darah Kelas VIII MTs Mesra Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020
The Effect of Using the Gallery Walk Method on Student Learning Outcomes Blood Circulatory System Subject Class VIII MTs Mesra Pematangsiantar 2019/2020 Academic Year
DOI:
https://doi.org/10.36985/jmo.v3i1.36Keywords:
Metode Gallery Walk, Hasil Belajar Siswa, Sistem Peredaran DarahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Gallery Walk pada materi sistem peredaran darah kelas VIII di MTs Mesra Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah dengan cara Cluster Random Sampling, yaitu pengambilan sampel secara acak kelas. Sehingga terpilih kelas VIII - 2 dan VIII - 3, dimana kelas VIII - 2 sebagai kelas eksperimen 1 sedangkan kelas VIII - 3 seabagai kelas Kontrol, masing - masing kelas berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan pre - test dan post - test dalam bentuk options (a, b, c, d ), masing - masing 20 soal. Satu soal yang benar di beri skor 5 dan yang salah di beri skor 0. Tehnik tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar IPA Terpadu. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh thitung (2,227) > ttabel (2,000) pada taraf signifikansi=0,05 dengan derajat kebebasan (dk)=32+32–2= 62 maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada pengaruh hasil belajar siswa menggunakan metode Gallery walk pada materi sistem peredaran darah kelas VIII MTs Mesra Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2019/2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Nurhalimah Dwi Ayu Syah Putri, Marlindoaman Saragih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.