PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.36985/jmo.v4i2.556Keywords:
Kelengkapan Fasilitas, Pembelajaran SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP N.10 Pematangsiantar tahun pelajaran 2021/2022. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 224 siswa dan sampel 35 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu random sampling, dengan mengambil 15% dari kelas VII-1 sampai dengan VII - 7. Variabel dalam penelitian ini yaitu berupa variabel bebas dan variabel teikat. Dalam penelitian ini, yang berkedudukan sebagai variabel bebas (X) yaitu kelengkapan fasilitas pembelajaran dan variabel terikat (Y) yaitu hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP Negeri 10 Pematangsiantar. Teknik analisis yang dipakai yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji korelasi, dan hipotesis dibuktikan dengan menggunakan “uji t” pada taraf signifikan ???? = 0,05. Skor rata - rata hasil belajar IPA siswa 80,2 merupakan rata - rata hasil belajar yang tinggi. Skor rata-rata angket kelengkapan fasilitas pembelajaran IPA siswa kelas VII SMP N.10 Pematangsiantar adalah 73,43, merupakan rata - rata angket yang cukup tinggi. Dari hasil uji korelasi, diperoleh besarnya korelasi kelengkapan fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP N.10 Pematangsiantar tahun pelajaran 2021/2022 r = 0,81. Berdasarkan kualifikasi koefisien korelasi, maka korelasi kedua variabel di atas termasuk korelasi sangat tinggi. Dari hasil pengujian hipotesis/dengan uji t, diperoleh thitung = 8,03 dan pada taraf signifikansi ∝= 0,05 dan dk = 33 diperoleh ttabel = 2,034. Jadi thitung lebih besar dari ttabel, maka dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh nyata antara kelengkapan fasilitas belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP N.10 Pematangsiantar. Berdasarkan hasil uji determinasi diperoleh kontribusi pengaruh kelengkapan fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP N.10 Pematangsiantar sebesar 65,61%. Artinya hasil belajar IPA yang dicapai siswa dipengaruhi oleh kelengkapan fasilitas pembelajaran. Disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara kelengkapan fasilitas pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMP N.10 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2021/2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Thiur Dianti Siboro, Marlindoaman Saragih, Sukma Winata Purba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.