Peranan Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pendidikan Moral Untuk Disiplin Peserta Didik Di SMP Negeri 13 Pematangsiantar T.P. 2021/2022

Authors

  • Imman Yusuf Sitinjak PPKn FKIP USI
  • Sariaman Gultom Prodi PPKn FKIP USI
  • Jumpa Ukur Prodi PPKn FKIP USI
  • Krissi Wahyuni Prodi PPKn FKIP USI
  • Dewi Rabiah Prodi PPKn FKIP USI

DOI:

https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v4i2.1016

Keywords:

Peranan, Tata Tertib, Pendidikan Moral

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tata tertib sekolah, bagaimana Peranan Tata Tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa, serta apakah Guru pendidikan pancasila berperan penting dalam mendidik moral dan menanamkan kedisplinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan conclusion atau verisifikasi data/menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Penerapan tata tertib menjadi poin aturan yang menertibkan siswa di sekolah. Sedangkan peran guru sebagai pengawas, guru mengawasi siswa untuk meyakinkan bahwa semua peraturan tata tertib sekolah dapat terlaksana dengan baik dan dipatuhi oleh siswa. Mengawasi semua kegiatan atau tindakan siswa terutama di lingkungan sekolah

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Sitinjak, I. Y., Gultom, S., Jumpa Ukur, Krissi Wahyuni, & Dewi Rabiah. (2023). Peranan Tata Tertib Sekolah Sebagai Sarana Pendidikan Moral Untuk Disiplin Peserta Didik Di SMP Negeri 13 Pematangsiantar T.P. 2021/2022. Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 104 –. https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v4i2.1016

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>