KERJASAMA ORANGTUA DAN GURU MENDORONG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI 2 RAYA KECAMATAN PEMATANG RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Sariaman Gultom Prodi PPKn FKIP USI Author
  • Mariah Sonanggok Purba Prodi PPKn FKIP USI Author
  • Birman Saragih Prodi PPKn FKIP USI Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/3t2hxs60

Keywords:

Kerjasama, Kegiatan Belajar dan Mengaja, Orangtua dan Guru

Abstract

Pendidikan disekolah diharapkan mengembangkan potensi siswa  baik  berpikir, bersikap maupun  bertingkah laku agar  berkembang menjadi  manusia yang mandiri dan dewasa dalam kehidupannya. Kerja sama antara kedua komponen ini akan menghasilkan kekuatan luar biasa yang bisa menumbuhkan motivasi belajar anak. Untuk menghasilkan kolaborasi dalam rangka mencapai tujuan yang baik maka pola kerja sama antara ke duanya harus dirancang sedemikian rupa. Adapun populasi didalam penelitian ini adalah siswa-siswi di SMP Negeri 2 Raya Kecamatan Pematang Raya Kabupaten Simalungun, dan kemudian telah ditetapkan sampel di dalam penelitian ini adalah siswa di kelas  VII. Penganalisaan data dilakukan dengan  memakai metode  deskriptif  kualitatif, dimana pada akhirnya didapatkan hasil penelitian bahwa telah terjadi  kerjasama  orangtua  dan  guru  dengan  baik  di dalam   mendorong kegiatan  belajar siswa. Kerjasama  orangtua  dan  guru  tersebut  dapat  mempengaruhi  prestasi belajar  siswa karena  kerjasama tersebut  dapat  mendorong  kegiatan  belajar  anak  baik  di sekolah maupun di rumah.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-04-25

How to Cite

KERJASAMA ORANGTUA DAN GURU MENDORONG KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SMP NEGERI 2 RAYA KECAMATAN PEMATANG RAYA KABUPATEN SIMALUNGUN . (2020). Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.36985/3t2hxs60

Similar Articles

1-10 of 50

You may also start an advanced similarity search for this article.