PENGARUH KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • Joni Wilson Sitopu Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jma.v2i1.281

Keywords:

Karakter, Hasil belajar TIK.

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah dalam kegiatan pembelajaran daring dan memindahkannya menjadi belajar di rumah melalui pembelajaran virtual.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Karakter Terhadap hasil belajar TIK Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP USI Pematangsiantar TA 2020/2021. Metode Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto sehingga data sudah terdapat didalam kelompok subyek yang di teliti, dan bukan merupakan hasil dari suatu perlakuan khusus yang sengaja dikreasikan.

Sampelnya adalah seluruh mahasiswa semester II sebanyak 30 orang (sampel total). Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji normalitas data serta diuji homogenitas data. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji R2,  uji F.

Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi linear : Ŷ  = 104.058 X - 0.277. Berdasarkan  analisis regresi linier (uji F) diperoleh Fhitung (2.865) > Fsig.  (0.102b), maka dapat disimpulkan bahwa koefisien arah regresi linear signifikan dengan kontribusi koefisien korelasi sebesar 0.305 sehingga koefisien determinannya  9,30% korelasi sangat rendah.

Downloads

Published

2022-02-17

How to Cite

Sitopu, J. W. (2022). PENGARUH KARAKTER TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(1), 12–26. https://doi.org/10.36985/jma.v2i1.281