UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI KELAS X SMK SWASTA SATRIA MANDIRI BANDAR TONGAH

Authors

  • Imman Yusuf Sitinjak Universitas Simalungun
  • Sariaman Gultom Universitas Simalungun
  • Nur Aini Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v3i2.549

Keywords:

Pembelajaran, Peserta Didik, Masa Pandemi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Pembelajaran Peserta Didik Pada Masa  Pandemi COVID 19 di Kelas X SMK Swasta Satria Mandiri Bandar Tongah Kabupaten Simalungun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskritif. Sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan, analisis data bersifat induktif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Instrumen penelitian adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan data. Instrumen yang dipakai oleh penulisan ini adalah dengan menggunakan angket yang diberikan kepada siswa dan guru. Lokasi penelitian ini dilakukan di SMK Swasta Satria Mandiri  Kecamatan Bandar Huluan Kabupaten Simalungun. Data yang didapat akan dianalisis kembali sehingga rumus yang dipakai untuk melakukan penganalisisan adalah dapat kita lihat sebagai berikut. Upaya guru dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran di masa pandemi covid -19 di sekolah SMK Swasta Satria Mandiri adalah dengan cara mengajar seorang guru, ketika seorang pengajar kreatif dalam mengajar dan menjelaskan pembelajaran kepada siswa nya tentu saja siswa tersebut tidak merasa bosan atau jenuh dalam mengikuti pembelajran itu tentu saja disini juga guru dituntut untuk merancang rpp dan media pembelajaran tematik yang membuat siswa berperan aktif didalam pembelajarannya. Prestasi belajar anak bukanlah semata-mata ditentukan atau dipengaruhi dari dalam diri anak itu sendiri seperti IQ, minat, motivasi dan lain-lain, tetapi juga ditentukan oleh faktor dari luar diri anak, seperti keadaan pengaruh lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat

Downloads

Published

2022-04-10

How to Cite

Sitinjak, I. Y., Gultom , S., & Nur Aini. (2022). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI KELAS X SMK SWASTA SATRIA MANDIRI BANDAR TONGAH. Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 53–61. https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v3i2.549

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>