ANALISIS LITERASI ABAD 21 BACA dan TULIS di TAMAN BACAAN MASYARAKAT PENDIDKAN & AMAL (TBM PENA) KABUPATEN LABUHANBATU

Authors

  • Rohana FKIP Universitas Labuhanbatu, Rantauprapat, Sumatera Utara
  • Muhammad Khorul Ritonga FKIP Universitas Labuhanbatu, Rantauprapat, Sumatera Utara
  • Duma Intan Siregar FKIP Universitas Labuhanbatu, Rantauprapat, Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v3i2.552

Keywords:

Literasi abad 21, Baca dan Tulis, TBM PENA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengelola serta kegiatan Taman Bacaan Masyarakat Pendidikan dan Amal (TBM PENA) Kabupaten Labuhanbatu dalam membiasakan dan meningkatkan kegiatan literasi abad 21 baca dan tulis. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, sedangkan proses pengambilan data menggunakan tekhnik, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data penelitian adalah satu orang pengelola, dua orang pustakawan sebagai informan kunci dan 17 orang pemustaka TBM PENA sebagai responden. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan memberikan kesimpulan/verifikasi data yang sudah terkumpul . Data diolah dengan melakukan pendekatan kualitatif untuk menjawab pertanyaan peneliti. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa peran pengelola Taman Bacaan Masyarakat Pendidikan dan Amal (TBM PENA) Kabupaten Labuhanbatu dalam membiasakan kegiatan literasi abad 21 baca dan tulis dapat dikatakan berhasil. Cara pengelola Taman Bacaan Masyarakat Pendidikan dan Amal (TBM PENA) Kabupaten Labuhanbatu dalam membiasakan kegiatan literasi abad 21 baca dan tulis: 1) Menyediakan bahan bacaan dengan jenis dan judul yang berbeda-beda, 2) Memberikan fasilitas yang nyaman, 3) Memberikan pelayanan yang baik untuk pemustaka agar mereka merasa senang, 4) Menjalin kerjasama dengan dinas, lembaga dan komunitas dalam penyediaan bahan bacaan 5) Memberikan program dan kegiatan yang berdampak aplikatif bagi pemustaka dan 6)Memberikan pelatihan literasi baca dan tulis untuk pemustaka. kegiatan yang dapat meningkatkan literasi abad 21 baca dan tulis. Semua kalangan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua sudah tersedia kegiatan literasibaca dan tulis masing-masing. Adapun program dan kegiatan yang telah dilakukan oleh Taman Bacaan Masyarakat Pendidikan dan Amal (TBM PENA), antara lain: 1) KIM (Kelas Ibu Membaca), 2) BATIC (Baca,Tulis dan Ceritakan), 3) Kampung Literasi, 4) Pojok Baca, 5) Literasi Qur’an, 6) Iqro’ Al-qur’an 7) Kegiatan Minggu Ceria dan 8) Main Buku (Bertemankan Buku). Kegiatan yang aktif dilakukan TBM PENA dan partisipasi dinas, lembaga serta komunitas akan mampu meningkatkan literasi abad 21 baca dan tulis di Kabupaten Labuhanbatu

Downloads

Published

2022-04-10

How to Cite

Rohana, Ritonga, M. K., & Siregar, D. I. (2022). ANALISIS LITERASI ABAD 21 BACA dan TULIS di TAMAN BACAAN MASYARAKAT PENDIDKAN & AMAL (TBM PENA) KABUPATEN LABUHANBATU. Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 89 –. https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v3i2.552