Implementasi Bahasa Jawa untuk Membentuk Sopan Santun Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMK Matesih

Authors

  • Tunjung Bayu Sinta STIKes Mitra Husada Karanganyar
  • Hanifah

DOI:

https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v4i1.563

Keywords:

Bahasa Jawa, Sopan Santun, Mata Pelajaran PPKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai implementasi bahasa Jawa dalam membentuk sopan santun siswa pada mata pelajaran PPKn di Sekolah Menengah Kejuruan Matesih yang meliputi (1) implementasi penggunaan bahasa Jawa dalam membentuk sopan santun siswa pada mata pelajaran PPKn. (2) tindak lanjut implementasi bahasa Jawa dalam membentuk sopan santun siswa pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PPKn, dan siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi penggunaan bahasa Jawa dalam membentuk sopan santun siswa pada mata pelajaran PPKn dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu kegiatan awal, inti dan penutup. Tindak lanjut penggunaan bahasa Jawa melalui tiga aspek yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotor.

Downloads

Published

2023-04-25

How to Cite

Tunjung Bayu Sinta, & Hanifah. (2023). Implementasi Bahasa Jawa untuk Membentuk Sopan Santun Siswa pada Mata Pelajaran PPKn di SMK Matesih. Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v4i1.563