Hubungan Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Moral Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Panei Kab Simalungun

Authors

  • Krissi Wahyuni Saragih Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v4i1.621

Keywords:

Kepercayaan Diri, Perilaku Moral, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dalam konteks pembentukan perilaku moral peserta didik. Kepercayaan diri merupakan salah satu unsur kepribadian yang memegang peranan penting bagi kehidupan manusia. Mendidik moral dan mental anak berarti mendidik anak untuk membiasakannya kepada perbuatan-perbuatan baik. Karena perbuatan baik atau buruk yang dilakukan anak merupakan ukuran standart moral dan mental. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan peneliti menggunakan angket tertutup, dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri 1 Panei Kab.Simalungun. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat ada hubungan dan berkaitan erat antara kepercayaan diri terhadap perilaku moral peserta didik SMP Negeri 1 Panei; Adapun perilaku moral yang dihasilkan dari adanya penanaman rasa kepercayaan diri dari guru kepada peserta didik dapat dilihat sebagai berikut: a. Tanggung jawab, mandiri, disiplin dapat dilihat dari kebiasaan menghargai, menghormati guru maupun orang lain. b. Jujur dapat dilihat melalui cara peserta didik dengan mengembalikan barang yang bukan milikinya. c.Peduli sosial dan lingkungan, dapat dilihat melalui sikap peserta didik yang saling tolong menolong, berinteraksi sosial dengan baik, memiliki sikap empati dan tidak egosentris. d.Kreatif, percaya diri dapat dilihat dari peserta didik yang mampu memberikan contoh yang baik kepada teman-temannya.

Downloads

Published

2023-04-25

How to Cite

Saragih, K. W. (2023). Hubungan Kepercayaan Diri Terhadap Perilaku Moral Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Panei Kab Simalungun. Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(1), 23 –. https://doi.org/10.36985/jurnalmoralita.v4i1.621

Most read articles by the same author(s)