UPAYA PENGUATAN NILAI-NILAI ANTI KORUPSI BAGI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII-DUA SMP SWASTA BINA GUNA TANAH JAWA
DOI:
https://doi.org/10.36985/0k1b5652Kata Kunci:
Upaya Penguatan, Anti Korupsi, Peserta DidikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penguatan nilai-nilai anti korupsi dalam pembelajaran PKn di SMP Swasta Bina Guna Tanah Jawa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, Angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian penguatan nilai-nilai anti korupsi dalam deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, Angket observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian penguatan nilai-nilai anti korupsi dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada siswa kelas VII di SMP Swasta Bina Guna Tanah Jawa menunjukkan bahwa ada empat cara yang dilakukan oleh guru, yaitu dengan memberikan pengetahuan terkait nilai-nilai anti korupsi, memberikan arahan moral berupa nasihat dan cerita kejadian nyata yang mengandung nilai-nilai anti korupsi, memberikan keteladanan kepada siswa terkait nilai-nilai anti korupsi, dan memberikan penghargaan dan sanksi kepada siswa. Selanjutnya, evaluasi yang dilakukan oleh guru PKn dalam penguatan nilai-nilai anti korupsi dilakukan melalui penilaian sikap. Dalam melakukan penguatan nilai-nilai anti korupsi, guru mengalami kendala yaitu kurangnya kesadaran di kalangan siswa. Solusi yang dilakukan adalah dengan memberikan nasihat kepada siswa secara terus - menerus..
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sariaman Gultom, Jumpa Ukur, Van Lodewijk Purba, Renna Purba (Author)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.


