The Influence Of The Problem Based Learning (PBL) Learning Model On Learning Motivation At SMP Swasta Muhammadiyah 55 Kandangan

Penulis

  • Agus Flori Devi Purba Pendidikan Sejarah, Universitas Simalungun Penulis
  • Andres M Ginting Pendidikan Sejarah, Universitas Simalungun Penulis
  • Ahmad Fakhri Hutauruk Pendidikan Sejarah, Universitas Simalungun Penulis
  • Satria Chandra Pendidikan Sejarah, Universitas Simalungun Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/7sfgx362

Kata Kunci:

Motivasi Belajar, Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini merupakan suatu bentuk analisis terhadap model pembelajaran PBL yang diterapkan pada saat proses pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangatlah penting dilakukan, karena hal tersebut merupakan salah satu factor yang mampu mempengaruhi motivasi belajar siswa. Motivasi adalah pendorong suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia menjadi tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Seperti halnya proses pembelajaran di SMPS Muhammadiyah 55 Kandangan yang menggunakan ceramah hasilnya masih kurang efektif, hal tersebut dilihat ketika observasi pada proses kegiatan belajar mengajar dikelas.Penelitian ini berfokus untuk mengetahui penerapan serta pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar Belajar di SMP Swata Muhammadiyah 55 Kandangan. Oleh karena itu peneliti menyusun pertanyaan yang akan dijawab, yaitu: bgaimana penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMPS Muhammadiyah 55 Kandangan dan apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar Belajar di SMP Swata Muhammadiyah 55 Kandangan.?Jenis penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dimana penelitian ini dilakukan di SMPS Muhammadiyah 55 Kandangan, dengan jumlah sampel yang diambil sebesar 53 siswa. Metode penelitian survey dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi.Hasil pengujian data yang dilakukan dengan menggunakan aplikasi SPSS Versi 29 mendapatkan hasil thitung 4,192 dan ttabel sebesar 2,068.Dari pernyataan tersebut dapat dilihat bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung> ttabel ) atau jika dilihat dari sisi sig.2 tailed yaitu memperoleh hasil 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dimana terdapat pengaruh yang  signifikan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap motivasi belajar IPS Siswa di SMP Swasta Muhammadiyah 55 Kandangan.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

11/29/2023

Cara Mengutip

The Influence Of The Problem Based Learning (PBL) Learning Model On Learning Motivation At SMP Swasta Muhammadiyah 55 Kandangan. (2023). Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora Dan Ilmu Sosial, 1(2), 12-29. https://doi.org/10.36985/7sfgx362