PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT! PADA PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA KARTIKA I-4 PEMATANGSIANTAR T.A 2023-2024

Penulis

  • Azura Putri Universitas Simalungun Penulis
  • Jalatua H. Hasugian Universitas Simalungun Penulis
  • Ahmad Fakhri Hutauruk Universitas Simalungun Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/8hgydh74

Kata Kunci:

Kahoot!, Tes Statistik, Hasil Belajar Pretest dan Posttest

Abstrak

Metode pengajaran yang monoton cenderung membuat peserta didikmudah bosan. Hal ini disebabkan karena proses belajar mengajar tidak menarik dan pemebelajaran sulit diserap peserta didik. Dengan berkembangnya teknologi, media pembelajaran menjadi semakin beragam. Salah satunya adalah dengan menggunakan kuis kahoot! berbasis online, sebagai media pengajaran pembelajaran sejarah agar pembelajaran menjadi menarik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagimana pemanfaatan aplikasi kahoot!,pada pembelajaran sejarah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Swasta Kartika I-4 Pematangsiantar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik menggunakan aplikasi kahoot!, Lebih meningkat daripada yang tidak menggunakan aplikasi kahoot!. Hal ini dapat dilihat dari rata- rata nilai posttest pada kelas kontrol adalah 70,51. Sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas eskperimen adalah 78,85. Kemudian dari uji hipotesis menunjukkan hasil nilai nilai Sig.(2-tailed) adalah 0,00 artinya nilai Sig.(2-tailed) <0,05.Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar di kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hal itu menunjukkan bahwa aplikasi kahoot!, memiliki manfaat terhadap hasil belajar siswa dengan hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa, “Penggunaan aplikasi Kahoot! Dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Swasta Kartika I-4 Pematangsiantar” diterima

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

File Tambahan

Diterbitkan

05/03/2025

Cara Mengutip

PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT! PADA PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA KARTIKA I-4 PEMATANGSIANTAR T.A 2023-2024. (2025). Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora Dan Ilmu Sosial, 3(1), 37-110. https://doi.org/10.36985/8hgydh74

Artikel Serupa

1-10 dari 24

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama