PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING(GBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 DOLOK PARDAMEAN PADA SEMESTER GENAP T.A 2023/2024

Penulis

  • Elsa Manaro Sigiro Universitas Simalungun Penulis
  • Hisarma Saragih Universitas Simalungun Penulis
  • Andres M. Ginting Universitas Simalungun Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/mkhr9s41

Kata Kunci:

Game Based Learning, Hasil Belajar, Posttest-Pretest

Abstrak

 Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui apakah terdapat pengaruh penggunaan game based learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan model penelitian kuantatif, dimana motede penelitian yang digunakan peneliti dalam metode eksperimen Model pembelajaran GBL merupakan salah satu faktor model pembelajaran yang layak di terapkan dalam sejarah sebagai ilmu, atau susunan pengetahuan tentang peristiwa yang terjadi di masyarakat, yang dimana perlu dilakukan penelitian kelas X SMA Negeri 1 Dolok Pardamean dengan jumlah sampel 40 peserta didik dan populasinya berjumlah 150 peserta didik, dengan Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Game Based Learning(GBL) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Peserta Didik Di Kelas X SMA Negeri 1 Dolok Pardamean Pada Semester Genap T.A 2023/2024. 
Pada tahap analisis data, terdapat hasil dari uji normalitas, uji hipotesis, dan uji regresi sederhana. Dari uji hipotesis, terlihat bahwa model pembelajaran Game Based Learning (GBL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar sejarah peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Dolok Pardamean pada semester genap T.A 2023/2024. Meskipun demikian, analisis regresi sederhana menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara post test dan pre test pada tingkat signifikansi yang telah ditetapkan.Analisis data merupakan tahap penting dalam sebuah penelitian yang memberikan pemahaman mendalam tentang hasil penelitian yang telah dilakukan. Dalam konteks penelitian ini, analisis data meliputi uji normalitas, uji hipotesis, dan uji regresi sederhana. Dari hasil uji hipotesis, terlihat bahwa model pembelajaran Game Based Learning (GBL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar sejarah peserta didik di kelas X SMA Negeri 1 Dolok Pardamean pada semester genap T.A 2023/2024. 
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menggunakan model game based learning ini berpengaruh. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai postest pada kelas kontrol adalah 71.7 Sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas eskperimen adalah 71.2. kemudia dari uji Hipotesis menunjukan bahwa GBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran Sejarah sesuai dengan uji hipotesis nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,000 dan nilai tersebut < 0,05. Maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima.  Maka yang menjadi akhir dari hipotesis yang diterima adalah Ha yaitu adanya pengaruh Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning (GBL) Terhadap Hasil Belajar Sejarah Peserta Didik Di Kelas X Sma Negeri 1 Dolok Perdamean Pada Semester Genap T.A 2023/2024. Hal ini menunjukkan bahwa GBL dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan sekolah.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

File Tambahan

Diterbitkan

05/03/2025

Cara Mengutip

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GAME BASED LEARNING(GBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH PESERTA DIDIK DI KELAS X SMA NEGERI 1 DOLOK PARDAMEAN PADA SEMESTER GENAP T.A 2023/2024 . (2025). Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora Dan Ilmu Sosial, 3(1), 130-170. https://doi.org/10.36985/mkhr9s41

Artikel Serupa

1-10 dari 22

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama