Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Handphone VIVO (Studi Kasus Di Kelurahan Baru, Pematangsiantar)

Authors

  • Romadani Irama Nasution Mahasiswa Prodi Manajemen, Universitas Simalungun Author
  • Pinondang Nainggolan Universitas Simalungun Author
  • Anggiat Sinurat Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/3d5pxp43

Keywords:

Kualitas, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi generasi Z dalam keputusan pembelian Handphone Vivo di Kelurahan Baru, Pematangsiantar. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Baru, Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 30 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling yang dimana penentuan respondennya adalah tidak memberi kesempatan yang sama bagi setiap anggota populasi untuk dijadikan sampel. Metode analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program komputer SPSS 25. Hasil dari Analisis Regresi Berganda adalah Y = 14,527 + 0,533X1 -  0,552X2 + 0,101 + e. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Variabel Kualitas (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji thitung (3,637) > ttabel (1,706) dan diperoleh nilai signifikan 0,001 yang lebih kecil dari 0,05,  (2) Variabel Harga (X2) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hal ini dibuktikan dari perhitungan thitung (-2,087) < ttabel (1,706) dan diperoleh signifikan 0,047 yang lebih kecil dari 0,05. (3) Variabel Iklan (X3) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y). Hal ini dibuktikan dari perhitungan uji thitung (0,692) < ttabel (1,706) dan diperoleh nilai signifikan 0,495 yang lebih besar dari 0,05, dan (4) Koefisien Determinasi (R2) pada penelitian ini sebesar 0,411 atau 41,1%. Hal ini diartikan bahwa sebanyak 41,1% variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel kualitas, harga dan iklan. Selebihnya sebesar 58,9% dipengaruhi oleh variabel lain

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-11-11

How to Cite

Irama Nasution, R., Nainggolan, P., & Sinurat, A. (2022). Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Generasi Z Pada Handphone VIVO (Studi Kasus Di Kelurahan Baru, Pematangsiantar). Manajemen: Jurnal Ekonomi, 4(2), 88 – 100. https://doi.org/10.36985/3d5pxp43

Similar Articles

1-10 of 37

You may also start an advanced similarity search for this article.