Pendampingan Guru Dalam Implementasi Pembelajaran Diferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Di MTS. & MAS Swasta Al - Hakimiyah Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas
DOI:
https://doi.org/10.36985/n15a6b90Keywords:
Pendampingan, Implementasi Pembelajaran, Diferensiasi, Kurikulum MerdekaAbstract
Perubahan kebijakan kurikulum ini biasanya menimbulkan kebingungan di kalangan guru dan sekolah, terutama guru dan sekolah yang belum pernah mengikuti sekolah mengemudi dan belum pernah mendapatkan pelatihan apapun. Permasalahan yang dialami MTs. Swasta & MAS Al - Hakimiyah berhubungan dengan implementasi pembelajaran diferensiasi kurikulum merdeka serta penyusunan dan pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada mata pelajaran bahasa Indonesia serta masih ditemukan adanya guru yang kurang menguasai penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Maka jalan pintasnya adalah ketika melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adopsi atau menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran buatan orang lain atau bahkan copy paste Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dari media internet tanpa mempertimbangkan dan menelaah kondisi peserta didik dan lingkungan belajar pada satuan pendidikan dimana pendidik tersebut melaksanakan kegiatan pembelajaran. Jumlah mitra yang diikutsertakan adalah 2 yaitu kepala sekolah pondok pesantren Al-hakimiyah dan seluruh guru Bahasa Indonesia Pondok pesantren Al-hakimiyah yang terdiri dari Guru Madrasyah Tsanawiyah & Madrasyah Aliyah. Berdasarkan hasil pelaksanaan PKM, dapat disimpulkan 80% Guru Madrasyah Tsanawiyah & Madrasyah Aliyah mampu mengaplikasikan media canva untuk mendesaik pembelajaran berdiferensiasi dengan baik dan tepat
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Khatib Lubis, Lili Herawati Parapat, Rahmad Huda, Tsania Azzahra, Indah Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.