PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENINGKATKAN ETIKA ANAK DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PURBA SIMPANG HARANGGAOL KECAMATAN PURBA KABUPATEN SIMALUNGUN

Authors

  • Imman Yusuf Sitinjak Universitas Simalungun
  • Elmas Dwi Ainsyiyah Universitas Simalungun
  • Dearmina Purba Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/jma.v1i1.292

Keywords:

Pendidikan Kewarganegaraan, Etika, Anak Didik

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Purba Simpang Haranggaol Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, dan peneliti telah menetapkan kelas VII sebagai sampel didalam penelitian  ini.  Penganalisaan data dilakukan dengan  memakai  metode  deskriptif  kualitatif, dimana pada akhirnya didapatkan hasil penelitian bahwa telah ada pengaruh pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan etika anak didik di SMP Negeri 2 Purba Simpang Haranggaol Kabupaten Simalungun.

Sekolah merupakan suatu  lembaga  yang  dapat  mendorong anak-anak  didik  yang  memililki moral dan etika yang baik. Dibandingkan dengan anak yang tidak memilliki  pendidikan formal atau sekolah, maka pengetahuan etika orang  yang  tidak  bersekolah  tersebut   lebih  atau  kurang  daripada  anak-anak  yang  bersekolah. Etika berupa refleksi kritis untuk menentukan pilihan, sikap dan bertindak secara benar ketika terjadi dilema dalam menentukan kegardaan moral yang sama-sama sah dalam kehidupan.

Pengaruh pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan etika anak didik di SMP Negeri 2 Purba Simpang Haranggaol Kabupaten Simalungun  sangat  besar  dimana  telah   di buktikan  didapatkan hasil analisis  jawaban yakni sebanyak 98, 4%.

Downloads

Published

2020-04-08

How to Cite

Sitinjak, I. Y., Ainsyiyah, E. D., & Purba, D. (2020). PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENINGKATKAN ETIKA ANAK DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PURBA SIMPANG HARANGGAOL KECAMATAN PURBA KABUPATEN SIMALUNGUN. Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.36985/jma.v1i1.292

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>