Strategi Pemasaran Digital UMKM Chudox Wahaha (Studi Kasus Pada Mitra CSR PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk)
DOI:
https://doi.org/10.36985/5tbd3h40Keywords:
Pemasaran Digital, UMKM, Strategi Pemasaran, Media SosialAbstract
Pada era digital, pemanfaatan media sosial dan platform digital menjadi faktor penting bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saingnya. Penelitian ini bertujuan membahas strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh UMKM Chudox Wahaha sebagai mitra Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada lima informan yang relevan dan observasi terhadap strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh UMKM Chudox Wahaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM ini telah menggunakan media sosial seperti Instagram dan WhatsApp sebagai alat pemasaran utama, namun belum secara optimal memanfaatkan fitur pemasaran digital lain yang lebih luas, seperti iklan berbayar dan analitik pemasaran. Beberapa kendala yang dihadapi mencakup keterbatasan sumber daya manusia dalam pengelolaan media sosial, kurangnya konsistensi dalam pembuatan konten, serta belum adanya evaluasi sistematis terhadap efektivitas strategi pemasaran digital. Studi ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan strategi pemasaran digital melalui konsistensi konten, pemanfaatan fitur interaktif, penggunaan iklan berbayar, serta evaluasi berbasis data guna meningkatkan efektivitas pemasaran dan daya saing UMKM di pasar digital
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Reza Pahlevi Santoso, Dewi Rachmawati, Wiwit Afrigus (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.