Strategi Pemasaran Digital UMKM Chudox Wahaha (Studi Kasus Pada Mitra CSR PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk)

Authors

  • Muhammad Reza Pahlevi Santoso LSPR Institute of Communication & Business Author
  • Dewi Rachmawati LSPR Institute of Communication & Business Author
  • Wiwit Afrigus PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/5tbd3h40

Keywords:

Pemasaran Digital, UMKM, Strategi Pemasaran, Media Sosial

Abstract

Pada era digital, pemanfaatan media sosial dan platform digital menjadi faktor penting bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saingnya. Penelitian ini bertujuan membahas strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh UMKM Chudox Wahaha sebagai mitra Corporate Social Responsibility (CSR) PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam kepada lima informan yang relevan dan observasi terhadap strategi pemasaran digital yang diterapkan oleh UMKM Chudox Wahaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM ini telah menggunakan media sosial seperti Instagram dan WhatsApp sebagai alat pemasaran utama, namun belum secara optimal memanfaatkan fitur pemasaran digital lain yang lebih luas, seperti iklan berbayar dan analitik pemasaran. Beberapa kendala yang dihadapi mencakup keterbatasan sumber daya manusia dalam pengelolaan media sosial, kurangnya konsistensi dalam pembuatan konten, serta belum adanya evaluasi sistematis terhadap efektivitas strategi pemasaran digital. Studi ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan strategi pemasaran digital melalui konsistensi konten, pemanfaatan fitur interaktif, penggunaan iklan berbayar, serta evaluasi berbasis data guna meningkatkan efektivitas pemasaran dan daya saing UMKM di pasar digital

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-16

How to Cite

Muhammad Reza Pahlevi Santoso, Rachmawati, D., & Afrigus, W. (2025). Strategi Pemasaran Digital UMKM Chudox Wahaha (Studi Kasus Pada Mitra CSR PT Indocement Tunggal Prakarsa, Tbk). Manajemen: Jurnal Ekonomi, 7(1), 28-36. https://doi.org/10.36985/5tbd3h40

Similar Articles

21-30 of 59

You may also start an advanced similarity search for this article.