Inovasi Pembelajaran Melalui Kampus Mengajar “Membangun Karakter dan Keterampilan Siswa SD GUPPI USWATUN HASANAH untuk Indonesia Emas

Penulis

  • Yosi Irawelda Wahyuni Saragih Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Simalungun Penulis
  • Muhammad Fauzi Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Simalungun Penulis
  • Jun Kifran Manik Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Simalungun Penulis
  • Rikawati Rikawati Program Studi Ekonomi Pembangunan, Universitas Simalungun Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/6agnpf12

Kata Kunci:

Peran Pendidikan, Literasi, Numerasi, Kampus Mengajar

Abstrak

Program Inovasi Pembelajaran Melalui Kampus Mengajar di SD GUPPI Uswatun Hasanah bertujuan untuk membangun karakter dan meningkatkan keterampilan siswa SD dalam menghadapi tantangan masa depan. Melalui kerjasama antara mahasiswa Kampus Mengajar dan guru-guru lokal, program ini memperkenalkan metode pembelajaran inovatif yang fokus pada pengembangan karakter, literasi numerasi, dan keterampilan abad ke-21. Siswa dilibatkan dalam proyek berbasis masalah, diskusi kelompok, dan penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan pemahaman mereka dalam matematika dan pengetahuan dasar lainnya. Program ini juga memperhatikan pentingnya mendukung siswa dalam membangun karakter positif seperti disiplin, kerja sama, dan empati. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, keterampilan berpikir kritis, serta partisipasi aktif dalam pembelajaran. Dengan pendekatan yang kontekstual dan berpusat pada siswa, program ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2025-04-30

Cara Mengutip

Saragih, Y. I. W., Fauzi, M., Manik, J. K., & Rikawati, R. (2025). Inovasi Pembelajaran Melalui Kampus Mengajar “Membangun Karakter dan Keterampilan Siswa SD GUPPI USWATUN HASANAH untuk Indonesia Emas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 5(1), 145-150. https://doi.org/10.36985/6agnpf12

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama