PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL KOPERATIF TYPE STUDY TEAMS ACHEVIEMENT DEVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP TAMAN SISWA SIDOMULYO

Authors

  • Hindun Kasturi Universitas Simalungun
  • Berlian Romanus Turnip Universitas Simalungun
  • Resmi Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/artikulasi.v6i1.1185

Keywords:

Studi Teams Achievement Division (STAD), Surat Pribadi, Surat Dinas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Penerapan Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Studi Team Acheviement  Division (STAD) Terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi dan Surat Dinas Kelas VII  SMP Taman Siswa Sidomulyo. Metode Penelitian Kuantitatif Eksperimen. Teknik pengumpulan data essay teks . Teknik analisis data menggunakan Program SPSS versi  21 for windows, hasil uji homogenitas  Fhitung dari surat Pribadi =23,631 > ftabel = 4,04 dengan menggunakan level sigifikan α=0,05. Hasil uji Paired Sampel t-test sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Hasil uji hasil uji homogenitas Fhitung dari surat Dinas =8,372 > ftabel = 4,04 dengan menggunakan level sigifikan α=0,05. Hasil uji Paired Sampel t-test sig (2-tailed) 2,748 > 1,710 terdapat nilai rata-rata pre-test dan post-test kelompok kelas ekperimen dan kelas kontrol surat pribadi dan surat dinas. Nilai rata-rata kelompok pre-test kelas kontrol surat pribadi dan surat dinas 64,92 dan post-test  84,76. Nilai kelompok pre-test kelas ekperimen surat pribadi dan surat dinas 67,96 dan post-test 83,76. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif Tipe Study Teams Acheviement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi dan durat dinas  di kelas VII SMP Taman Siswa Sidomulyo.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Hindun Kasturi, Turnip, B. R., & Resmi. (2024). PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL KOPERATIF TYPE STUDY TEAMS ACHEVIEMENT DEVISION (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DAN SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP TAMAN SISWA SIDOMULYO. Artikulasi : Jurnal Pendidikan, 6(1), 42–60. https://doi.org/10.36985/artikulasi.v6i1.1185

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>