PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR

Authors

  • Putri Sekawan Sari Universitas Simalungun
  • Netti Marini Universitas Simalungun
  • Resmi Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/artikulasi.v6i1.1188

Keywords:

Cooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC), Kemampuan Menulis, Teks Eksplanasi

Abstract

Pendidikan ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran Cooperative Intergrated Reading and Composition ( CIRC) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan korelasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dalam bentuk uraian dan di bagi menjadi 2 yaitu pre-test dan post-test . Teknik pengolahan data pada penelitian ini adalah korelasional. Hasil penelitian ini diperoleh data pre-test dan post-test. Hasil data pre-test yang diperoleh dengan jumlah 2575 dengan nilai terendah 60 dan nilai tertinggi 85, rata-rata yang diperoleh 73,5. Hasil data post-test yang diperoleh dengan jumlah 2935 dengan hasil terendah 75 dan nilai tertinggi 95, rata-rata yang diperoleh 83,8. Hasil nilai dengan menggunakan rumus korelasional adalah 0,75. Hasil data akhir pengujian hipotesis uji-t diperoleh thitung  6,25 = taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = n – 2 atau 35 – 2 = 33 diperoleh ttabel 1,692 jadi thitung lebih besar dari ttabel (thitung 6,25 > ttabel = 1,692) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Intergrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMK Negeri 3 Pematangsiantar.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Putri Sekawan Sari, Netti Marini, & Resmi. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTERGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR . Artikulasi : Jurnal Pendidikan, 6(1), 106–113. https://doi.org/10.36985/artikulasi.v6i1.1188

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2