PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X MIA 3 SMA DUYNHOVEN SARIBUDOLOK

Authors

  • Margaretta Stella Ginting SMA Duynhoven Saribudolok, Simalungun
  • Berlian Romanus Turnip Universitas Simalungun
  • Tutiariani Nasution Universitas Simalungun

DOI:

https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i2.918

Keywords:

Media Audio Visual, Menulis, Puisi

Abstract

Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti, maka di peroleh skor rata-rata pre-test menulis puisi siswa kelas X SMA Duynhoven Saribudolok adalah 75,5 dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 59. Skor rata-rata post-test menulis puisi SMA Duynhoven Saribudolok adalah 78,5 dengan skor tertinggi 97 dan skor terendah 56. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dinyatakan baik. Hasil perhitungan korelasi diperoleh besarnya pengaruh media auio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Duynhoven Saribudolok yaitu rxy = 0,64. Maka dinyatakan sebagai korelasi yang kuat. Pengujian hipotesis uji t diperoleh thitung = 7,98 pada taraf signifikan a = 0,05 dan dk = n – 2 atau 60 – 2 = 58 diperoleh ttabel = 2,021. Jadi thitung lebih besar dari ttabel (thitung 7,98 ≥ ttabel 2,021.

Downloads

Published

2023-10-30

How to Cite

Ginting, M. S., Turnip, B. R., & Nasution, T. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X MIA 3 SMA DUYNHOVEN SARIBUDOLOK. Artikulasi : Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–100. https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i2.918

Most read articles by the same author(s)