PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI OLEH SISWA KELAS X MIA 3 SMA DUYNHOVEN SARIBUDOLOK
DOI:
https://doi.org/10.36985/artikulasi.v5i2.918Keywords:
Media Audio Visual, Menulis, PuisiAbstract
Berdasarkan analisis data yang dilakukan peneliti, maka di peroleh skor rata-rata pre-test menulis puisi siswa kelas X SMA Duynhoven Saribudolok adalah 75,5 dengan skor tertinggi 95 dan skor terendah 59. Skor rata-rata post-test menulis puisi SMA Duynhoven Saribudolok adalah 78,5 dengan skor tertinggi 97 dan skor terendah 56. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dinyatakan baik. Hasil perhitungan korelasi diperoleh besarnya pengaruh media auio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Duynhoven Saribudolok yaitu rxy = 0,64. Maka dinyatakan sebagai korelasi yang kuat. Pengujian hipotesis uji t diperoleh thitung = 7,98 pada taraf signifikan a = 0,05 dan dk = n – 2 atau 60 – 2 = 58 diperoleh ttabel = 2,021. Jadi thitung lebih besar dari ttabel (thitung 7,98 ≥ ttabel 2,021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Margaretta Stella Ginting, Berlian Romanus Turnip, Tutiariani Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.