Pengaruh Media Sosial Dan Diskon Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Generasi Z Di Industri Fashion Pada Mahasiswa Di Kota Metro

Authors

  • Erika Adistia Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Metro Author
  • Yudhistira Ardana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Metro Author
  • Zumaroh Zumaroh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Metro Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/2av75w78

Keywords:

Media sosial, Diskon, Perilaku Pembelian Impulsif, Generasi Z, Industri Fashion

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media sosial dan diskon terhadap perilaku pembelian impulsif pada Generasi Z dalam industri fashion, khususnya di kalangan mahasiswa di Kota Metro. Studi ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksplanatori . Sebanyak 68 responden dipilih sebagai sampel menggunakan teknik proporsional stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil analisis menunjukkan bahwa media sosial tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif, dengan nilai t-statistic sebesar 0,231 dan p-value sebesar 0,817 . Sebaliknya, diskon memiliki dampak yang signifikan terhadap pembelian impulsif, dengan nilai t-statistic sebesar 4,144 dan p-value sebesar 0,000. Temuan ini menunjukkan bahwa media sosial lebih berfungsi sebagai sarana penyebaran informasi, sementara diskon menjadi faktor utama yang mendorong konsumen untuk melakukan pembelian secara impulsif. Studi ini memberikan wawasan bagi para pelaku industri fashion dalam mengoptimalkan strategi pemasaran mereka, serta berkontribusi dalam pengembangan kajian akademik mengenai pola konsumsi Generasi Z

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-31

How to Cite

Adistia, E., Ardana, Y., & Zumaroh, Z. (2025). Pengaruh Media Sosial Dan Diskon Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Generasi Z Di Industri Fashion Pada Mahasiswa Di Kota Metro. Jurnal Ekuilnomi, 7(2), 421-430. https://doi.org/10.36985/2av75w78

Similar Articles

1-10 of 66

You may also start an advanced similarity search for this article.