Anteseden Yang Mempengaruhi Revisit Intention Wisatawan Di Kawasan Wisata Nusa Penida

Authors

  • Ni Wayan Wina Premayani Universitas Hindu Indonesia Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/vm128s48

Keywords:

Destination Image, Self-Congruity, Memorable Tourism Experience, Revisit Intention, Kawasan Wisata Pulau Nusa Penida

Abstract

Kawasan Wisata Nusa Penida yang merupakan salah satu daya tarik wisata favorit di Kabupaten Klungkung perlu prioritas dalam mengoptimalkan realisasi pengembangan destinasi wisata demi mempertahankan tingkat kunjungan wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh destination image dan self-congruity terhadap revisit intention melalui memorable tourism experience. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM-PLS) dengan menggunakan bantuan software SMARTPLS. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, dipilih dengan menggunakan teknik penentuan sampel Purposive Sampling, dengan kriteria wisatawan yang pernah melakukan perjalanan wisata ke Kawasan Wisata Nusa Penida. Hasil penelitian menunjukkan bahwa destination image berpengaruh positif dan signifikan terhadap memorable tourism experience, destination image berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention, memorable tourism experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention, self-congruity berpengaruh positif dan signifikan terhadap memorable tourism experience, self-congruity berpengaruh positif dan signifikan terhadap revisit intention, destination image berpengaruh signifkan terhadap revisit intention melalui memorable tourism experience, serta self-congruity berpengaruh signifkan terhadap revisit intention melalui memorable tourism experience. Untuk meningkatkan minat berkunjung kembali para wisatawan ke kawasan destinasi wisata Nusa Penida maka disarankan untuk menciptakan citra destinasi yang positif dalam persepsi wisatawan, dan disaat yang bersamaan citra destinasi kawasan wisata Nusa Penida perlu memiliki kesesuaian dengan konsep diri wisatawan yang secara psikologis sangat mempengaruhi minat berkunjung kembali, selain itu dengan memberikan pengalaman berkesan yang tidak dilupakan oleh wisatawan akan menjadi kenangan yang ingin kembali diulang oleh wisatawan dengan berkunjung kembali ke kawasan destinasi wisata Nusa Penida

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-29

How to Cite

Premayani, N. W. W. (2024). Anteseden Yang Mempengaruhi Revisit Intention Wisatawan Di Kawasan Wisata Nusa Penida. Jurnal Ekuilnomi, 6(3), 683-693. https://doi.org/10.36985/vm128s48