Peninjauan Terhadap Penggunaan E-Commerce Dalam Memanfaatkan Algoritma Artificial Intelegence
DOI:
https://doi.org/10.36985/pcvqzr33Keywords:
Kecerdasan, E-Commerce, Artificial Intelegence, Algoritma AI, ManfaatAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai dampak dari penerapan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan kualitas layanan di platform e-commerce Indonesia, khususnya Shopee, Lazada, Tokopedia, TikTok Shop, dan Bukalapak. Penelitian ini menggunakan kuesioner online yang didistribusikan kepada 55 responden berusia 18 hingga 23 tahun, untuk mengukur persepsi pengguna terhadap kenyamanan, kepercayaan, dan keamanan saat berbelanja online, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Temuan menunjukkan bahwa mayoritas pengguna merasa terbantu dengan adanya fitur-fitur seperti pembayaran digital, komunikasi yang cepat, dan saran produk yang didukung oleh AI. Tiga faktor paling penting yang memengaruhi keputusan pembelian adalah harga, kualitas produk, dan ulasan pengguna. Meskipun ada beberapa tantangan, seperti ketidakakuratan dalam deskripsi produk, e-commerce tetap populer karena fleksibilitas dan kemudahannya. Temuan ini menekankan pentingnya meningkatkan keamanan dan kualitas layanan pada platform e-commerce, terutama melalui pengembangan teknologi AI yang lebih canggih. Studi ini meningkatkan AI untuk menciptakan pengalaman pembelian yang memuaskan bagi konsumen Indonesia
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ulfa Hardiana, Rhesma Fatika Sari, Dhesyana Rahmadani Putri, Siti Aisah, Widya Fuji Resfianty, Muhammad Rega Gumelar, and Bahar Amal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.