Peninjauan Terhadap Penggunaan E-Commerce Dalam Memanfaatkan Algoritma Artificial Intelegence

Authors

  • Ulfa Hardiana Universitas Singaperbangsa Karawang Author
  • Rhesma Fatika Sari Universitas Singaperbangsa Karawang Author
  • Dhesyana Rahmadani Putri Universitas Singaperbangsa Karawang Author
  • Siti Aisah Universitas Singaperbangsa Karawang Author
  • Widya Fuji Resfianty Universitas Singaperbangsa Karawang Author
  • Muhammad Rega Gumelar Universitas Singaperbangsa Karawang Author
  • Bahar Amal Universitas Singaperbangsa Karawang Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/pcvqzr33

Keywords:

Kecerdasan, E-Commerce, Artificial Intelegence, Algoritma AI, Manfaat

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai dampak dari penerapan kecerdasan buatan (AI) untuk meningkatkan kualitas layanan di platform e-commerce Indonesia, khususnya Shopee, Lazada, Tokopedia, TikTok Shop, dan Bukalapak. Penelitian ini menggunakan kuesioner online yang didistribusikan kepada 55 responden berusia 18 hingga 23 tahun, untuk mengukur persepsi pengguna terhadap kenyamanan, kepercayaan, dan keamanan saat berbelanja online, serta faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Temuan menunjukkan bahwa mayoritas pengguna merasa terbantu dengan adanya fitur-fitur seperti pembayaran digital, komunikasi yang cepat, dan saran produk yang didukung oleh AI. Tiga faktor paling penting yang memengaruhi keputusan pembelian adalah harga, kualitas produk, dan ulasan pengguna. Meskipun ada beberapa tantangan, seperti ketidakakuratan dalam deskripsi produk, e-commerce tetap populer karena fleksibilitas dan kemudahannya. Temuan ini menekankan pentingnya meningkatkan keamanan dan kualitas layanan pada platform e-commerce, terutama melalui pengembangan teknologi AI yang lebih canggih. Studi ini meningkatkan AI untuk menciptakan pengalaman pembelian yang memuaskan bagi konsumen Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-02-25

How to Cite

Hardiana, U., Sari, R. F., Putri, D. R., Aisah, S., Resfianty, W. F., Gumelar, M. R., & Amal, B. (2025). Peninjauan Terhadap Penggunaan E-Commerce Dalam Memanfaatkan Algoritma Artificial Intelegence. Jurnal Ekuilnomi, 7(1), 148-157. https://doi.org/10.36985/pcvqzr33

Similar Articles

1-10 of 81

You may also start an advanced similarity search for this article.