PERANAN TATA TERTIB SEKOLAH SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN MORAL UNTUK DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 13 PEMATANGSIANTAR T.P. 2021/2022

Authors

  • Imman Yusuf Sitinjak Universitas Simalungun Author
  • Sariaman Gultom Universitas Simalungun Author
  • Jumpa Ukur Universitas Simalungun Author
  • Krissi Wahyuni Saragih Universitas Simalungun Author
  • Dewi Rabiah Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/xkmt8j50

Keywords:

Peranan, Tata Tertib, Pendidikan Moral

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tata tertib sekolah, bagaimana Peranan Tata Tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa, serta apakah Guru pendidikan pancasila berperan penting dalam mendidik moral dan menanamkan kedisplinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan conclusion atau verisifikasi data/menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa Penerapan tata tertib menjadi poin aturan yang menertibkan siswa di sekolah. Sedangkan peran guru sebagai pengawas, guru mengawasi siswa untuk meyakinkan bahwa semua peraturan tata tertib sekolah dapat terlaksana dengan baik dan dipatuhi oleh siswa. Mengawasi semua kegiatan atau tindakan siswa terutama di lingkungan sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-10-30

How to Cite

PERANAN TATA TERTIB SEKOLAH SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN MORAL UNTUK DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 13 PEMATANGSIANTAR T.P. 2021/2022. (2023). Jurnal Moralita : Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 81-88. https://doi.org/10.36985/xkmt8j50

Similar Articles

1-10 of 29

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>