Pengaruh Penggunaan QUIZIZZ Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Semester Genap DI MTs. Mesra Pematangsiantar T.A 2023/2024
DOI:
https://doi.org/10.36985/718v3v79Kata Kunci:
Museum, Media Belajar, IPS, PembelajaranAbstrak
Quizizz adalah salah satu aplikasi berbasis permainan yang menarik dan dapat dijadikan sebagai alat atau media pembelajaran yang interaktif serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran dengan fitur-fitur yang menarik. Dan dengan adanya kemudahan dalam mengakses aplikasi quizizz ini membuat peserta didik menjadi lebih menyenangkan dalam proses pembelajaran. Masalah utama dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh penggunaan quizizz terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS semester genap di MTs. Mesra Pematangsiantar. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan quizizz terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS semester genap di MTs. Mesra Pematangsiantar. Metode Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan jenis Two Group Pre-test and Post-test Design yaitu sebuah metode penelitian yang menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berfungsi untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar IPS peseta didik. Dimana kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan quizizz sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan pembelajaran yang konvensional. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 orang, dimana kelas eksperimen (VIII-1) berjumlah 19, dan kelas kontrol (VIII-3) berjumlah 19. Dengan jumlah populasi sebanyak 255 orang. Penelitian ini dilakukan selama 7 kali petemuan di masing-masing kelompok kelas. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dengan menggunakan uji t (regresi linier sederhana) diperoleh thitung sebesar 4,518. Jika dibandingkan maka thitung > ttabel atau 4,518 > 1,734, kemudian dapat dilihat dari taraf signifikan α sebesar 0,000, sehingg dapat diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05) hal ini menunjukkan bahwa
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nazila Pradita, Ulung Napitu, Jalatua H. Hasugian (Penulis)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.