Makna Filosofi Ulos Batak Toba Sebagai Sumber Belajar Sejarah

Penulis

  • Romayani Sinaga Universitas Simalungun Penulis
  • Ahmad Fakhri Hutauruk Universitas Simalungun Penulis
  • Andres M. Ginting Universitas Simalungun Penulis
  • Satria Chandra Universitas Simalungun Penulis

DOI:

https://doi.org/10.36985/e7fes563

Kata Kunci:

Ulos Batak Toba, Sumber Belajar Sejarah, Nilai Filosofis, Pelestarian Budaya

Abstrak

Penelitian ini mengeksplorasi makna filosofis yang terkandung dalam kain tenun tradisional Ulos Batak Toba dan perannya sebagai sumber belajar sejarah. Ulos merupakan identitas budaya masyarakat Batak Toba yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang diwariskan turun-temurun. Melalui ornamen, corak, dan warna yang khas, setiap jenis ulos menyimpan makna simbolik yang terkait dengan kehidupan sosial, spiritual, dan filosofi hidup masyarakat Batak. Penelitian ini menggunakan pendekatan heuristik dan antropologi budaya untuk menggali makna mendalam dari pengalaman subjektif peneliti dan memahami konteks budaya Ulos Batak secara holistik. Lokasi penelitian adalah Desa Lumban Suhi-Suhi Toruan, Kabupaten Toba Samosir, yang merupakan sentra kerajinan ulos. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pengrajin dan tokoh masyarakat, serta dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan makna filosofis dari berbagai jenis ulos, seperti Ulos Ragidup yang melambangkan kehidupan, Ulos Maratur terkait kelahiran, dan Ulos Ragi Hotang untuk upacara kematian. Ulos juga memiliki nilai budaya, sosial, spiritual, dan ekonomi yang penting bagi masyarakat Batak Toba. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Ulos dapat berperan sebagai sumber belajar sejarah yang kaya, membantu siswa memahami budaya, tradisi, dan nilai-nilai masyarakat Batak Toba. Pelestarian Ulos perlu dilakukan secara berkelanjutan agar tetap menjadi warisan budaya yang hidup bagi generasi mendatang. 

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

11/25/2024

Cara Mengutip

Makna Filosofi Ulos Batak Toba Sebagai Sumber Belajar Sejarah. (2024). Jurnal Pendidikan Sejarah Humaniora Dan Ilmu Sosial, 2(2), 20-26. https://doi.org/10.36985/e7fes563

Artikel Serupa

1-10 dari 19

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama