Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Hijab/Pakaian Muslimah Pada Mahasiswi Fakultas Eekonomi Universitas Simalungun
DOI:
https://doi.org/10.36985/152x1x91Keywords:
Minat Beli, Perhatian, Ketertarikan, Keinginan, Keyakinan, Keputusan KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat beli mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun terhadap penggunaan hijab/pakaian muslim melalui aspek perhatian, ketertarikan, keinginan, keyakinan, dan keputusan pembelian konsumen, data penelitian yang digunakan data kuantitatif yaitu bersumber dari pembagian kuesioner mahasiswi fakultas ekonomi Universitas Simalungun yang menggunakan hijab, adapun penarikan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan random sampling dengan penarikan sampel mengunakan rumus Slovin dengan hasil 71 responden dari populasi yaitu mahasiswi fakultas ekonomi Universitas Simalungun yang bersedia menjadi narasumber yang berjumlah 86 orang. Dengan pembagian kuesioner dan pengukuran mengunakan skala likert yang berupa angka-angka dan dioperasikan menggunakan SPSS versi 25.Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah studi dokumentasi dan studi kepustakaan dengan pengujian menggunakan KM0 (Kaiser Meyer Oklin). Hasil uji pengujian Bartlentts Tes Of Sphericity sebesar 0,631 dan lebih besar dari 0,5. Dari nilai sebesar 0.631 dikatakan kurang baik untuk menganalisis faktor sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut pada pengujian. Anti-Image Matriks Corelation dapat diuraikan diantaranya perhatian sebesar 0.593, ketertarikan sebesar 0.634, keinginan sebesar 0.603, untuk keyakinan sebesar 0.631, dan keputusan konsumen sebesar 0.699> 0.5. Pada pengujian pengujian MSA melalui nilai extraction Communalities untuk untuk semua variabel > 0,5 yaitu perhatian sebesar 0.710 atau 71%, ketertarikan sebesar 0.783 atau 78.3%, keinginan sebesar 0.603 atau 60.3%, keyakinan sebesar 0.631 atau 63.1%, dan terakhir keputusan konsumen sebesar 0.692 atau 0,692%, < 0,50 atau lebih dari 50% dari hasil yang diuraikan dari semua variabel diantaranya perhatian, ketertarikan, keinginan, keyakinan dan keputusan konsumen mampu mempengaruhi minat beli mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Simalungun terhadap penggunaan hijab/pakaian muslim. Dari rotated component matriks untuk componen 1 diantaranya perhatian dan ketertarikan didukung keputusan konsumen dengan nilai component transformation matriks sebesar 0.872 lebih besar 0.5. Dari nilai 0.872 atau 87.2% dan nilai pertumbuhan 0.489 atau 48,9%. Kemudian dari rotated component matriks untuk componen 2 diantaranya keinginan dan keyakinan didukung keputusan pembelian dengan nilai component transformation matriks sebesar 0.872 lebih besar 0.5 atau dari nilai 0.872 atau 87,2% tetapi harus ada perbaikan karna memiliki nilai -0.489 atau dapat berkutang 48,9%
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Novi Anggraini, Liharman Saragih, Johanes W P Purba (Author)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.