Peran Guru PPKN Dalam Mencegah Kenakalan Peserta Didik Di SMP Binaguna Tanah Jawa

Authors

  • Krissi Wahyuni Saragih Universitas Simalungun Author
  • Imman Yusuf Sitinjak Universitas Simalungun Author
  • Sariaman Gultom Universitas Simalungun Author
  • Jumpa Ukur Universitas Simalungun Author
  • Indra Jayanti Damanik Universitas Simalungun Author
  • Sulfansa Almiza Universitas Simalungun Author
  • Iuska Roito Sirait Universitas Simalungun Author
  • Muhammad Arya Ananda Universitas Simalungun Author

DOI:

https://doi.org/10.36985/3vnte640

Keywords:

Guru, PPKN, Kenakalan Peserta Didik

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui (1) factor - faktor yang menyebabkan terjadinya masalah kenakalan peserta didik di SMP Binaguna Tanah Jawa (2) hambatan yang dialami oleh Guru PPKn dalam menanggulangi Masalah Kenakalan peserta didik di SMP Binaguna Tanah Jawa, (3) peran guru PPKn dalam menanggulangi masalah kenakalan peserta didik di SMP Binaguna Tanah JawaKenakalan peserta didik merupakan perbuatan atau tingkahlaku oleh seorang peserta didik baik secara sendirian maupun secara kelompok yang bersifat melanggar ketentuan - ketentuan hukum, moral, dan sosial yang berlaku di lingkungan sekolah. Bertolak dari itu guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai pendidik mempunyai tugas memberi bantuan dan dorongan, tugas pengawasan dan pembinaan serta tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan peserta didik agar patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarakat. Guru Pendidikan Kewarganegaraan sebagai penanggung jawab dalam mengontrol setiap aktivitas peserta didik agar tingkahlakunya tidak menyimpang dengan norma-norma yang ada di lingkungan sekolah. Pengabdian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi pengabdian yang dijadikan objek adalah SMP Binaguna Tanah Jawa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diolah dan diperiksa dengan menggunakan teknik trianggulasi untuk pengecekan keabsahan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, data reduksi, penyajian data dan kesimpulan dan verifikasi data

Downloads

Published

01-11-2024

How to Cite

Saragih, K. W., Sitinjak, I. Y., Gultom, S., Jumpa Ukur, Damanik, I. J., Sulfansa Almiza, Sirait, I. R., & Muhammad Arya Ananda. (2024). Peran Guru PPKN Dalam Mencegah Kenakalan Peserta Didik Di SMP Binaguna Tanah Jawa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sapangambei Manoktok Hitei, 4(2), 274-280. https://doi.org/10.36985/3vnte640

Similar Articles

11-20 of 29

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)